Mahasiswa Manajemen Perhotelan UNAIR Bantu Bisnis Pariwisata dan Perhotelan Bangkit Kembali

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Pandemi Covid-19 memukul semua sektor industri, salah satu yang terdampak cukup masif dan signifikan adalah sektor industri perhotelan. Hal ini menuntut para pelaku usaha di industri perhotelan harus memutar otak untuk  menemukan jalan agar bisnisnya tetap bertahan.

Pada situasi ini banyak instrumen yang bergerak di bidang perhotelan saling membantu meciptakan sebuah simbiosis mutualisme. Hubungan mutualisme ini dilakukan oleh pihak mahasiswa program studi D3 Manajemen Perhotelan Universitas Airlangga yang mendapat tugas dari dosen pengampu mata kuliah Pemasaran Perhotelan, Jiwangga Hadi Nata, SE.,M.SM.

Para mahasiswa membantu pelaku usaha pariwisata dan perhotelan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran bisnis mereka. Tujuannya, agar pelaku bisnis perhotelan tetap bertahan dan produktif di dengan berbagai metode yang mereka pilih.

Pada 2 Maret 2021 lalu, salah satu kelompok yaitu “The Langham” mengunjungi salah satu guest house di Surabaya. Kelompok ini melirik guest house karena ingin mengetahui bagaimana tantangan yang dialami akomodasi jenis ini.

Guest house yang didatangi bernama “Rumah Kertajaya”, tempat yang mengangkat konsep Homey Premium Guest House ini berlokasi di Jalan Kertajaya dan sudah memiliki rating yang cukup tinggi di berbagai platform OTA (Online Travel Agent). Namun, dengan rating yang tinggi ini apakah mustahil untuk sebuah guest house memiliki tantangan dalam memasarkan produknya?

“Selama ini kami bertahan karena masih adanya loyal customer yang menginap di sini,” ucap Dwi Kumala Ningrum selaku Manajer Rumah Kertajaya.

Manajer Rumah Kertajaya Dwi Kumala Ningrum. (Dok. Pribadi)

Setelah melakukan serangkaian proses wawancara dengan Dwi, para anggota kelompok mulai menganalisa serta menentukan sekaligus memberi solusi untuk tantangan yang dihadapi oleh Rumah Kertajaya.

Hasil tugas kelompok “The Langham” berupa video yang berjudul “How Rumah Kertajaya Build Their Marketing Strategy During Pandemic” dan sudah dapat ditonton di Akun YouTube Program Studi Manajemen Perhotelan Universitas Airlangga yaitu Chitchat Manajemen.

Pada video itu, kedua belah pihak merasa sangat diuntungkan. Para mahasiswa mendapat kesempatan untuk menggali ilmu seputar Pemasaran Perhotelan dari Rumah Kertajaya sekaligus dapat mengenalkan guest house ini kepada masyarakat luas, terutama penduduk Surabaya. Sedangkan bagi pihak guest house, mereka mendapat umpan balik berupa peningkatan angka dalam kunjungan Instagram mereka di @rumahkertajaya. (*)

Penulis : Salsabil Kharismaningrum Widiananda

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp