Bisnis Hijab, Alumnus UNAIR Usung Tema Kehidupan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
GRAND Launching Castuarinedi Grand City Mall, East Atrium, Surabaya, Minggu (14/3/2021). (Foto: PKIP UNAIR)
GRAND Launching Castuarinedi Grand City Mall, East Atrium, Surabaya, Minggu (14/3/2021). (Foto: PKIP UNAIR)

UNAIR NEWS – Mengandung cerita dan pesan yang kuat di setiap pembelian lembaran hijab coba diusung Aulia dalam strategi bisnisnya. Ia sangat berharap pesan-pesan itu mampu tersampaikan dari desain unik hijab produknya.

Perempuan bernama lengkap Aulia Puspita Supriyadi itu memang memiliki satu bisnis rintisan Aulia Hijab. Namun, nama itu diubah menjadi Castuarine. Maksudnya, Confident, Authentic, Smart, Trustworthy, Unique, dan Adorable. Perubahan nama itu ia tandai dengan menggelar Grand LaunchingUnlock Your Golden Mind” di Grand City Mall, East Atrium, Surabaya, Minggu (14/3/2021).

Aulia ingin mengenalkan serta menyampaikan value kehidupan sebagai support system bagi perempuan Indonesia melalui hijab. Setiap desain Castuarine memiliki makna yang selaras dengan cerita dan pesan di setiap lembarnya.

”Keunikan hijab Castuarine ini diwujudkan pada corak dan gambar hijabnya. Umumnya hijab bercorak bunga, namun Castuarine hadir dengan desain potret kehidupan sehari-sehari,” ujarnya.

Alumnus Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga tersebut mencontohkan corak dan gambar produknya misalnya ide tentang laut. Ada seorang wanita yang sedang mengarungi lautan. Ada pula tentang perenungan hidup. Pengambarannya, terdapat corak perempuan merenung di bawah pohon-pohon.

”Jadi, ada gambar bercerita di hijab Castuarine,” ujarnya.

Aulia bercerita bisnis rintisannya telah mengikuti sejumlah kompetisi start-up dan fashion. Di antaranya, Kompetisi BCIC (Bali Creative Industry Center) diadakan Kementerian Perindustrian. Lalu, event Badan Pengembangan Bisnis Rintisan dan Inkubasi (BPBRIN) UNAIR. Termasuk event bisnis rintisan EPIC (East Java Province Investing, Crowdfunding, & Conference).

GRAND Launching Castuarinedi Grand City Mall, East Atrium, Surabaya, Minggu (14/3/2021). (Foto: PKIP UNAIR)
GRAND Launching Castuarinedi Grand City Mall, East Atrium, Surabaya, Minggu (14/3/2021). (Foto: PKIP UNAIR)

Setelah melewati replanning business pada Januari 2021, Aulia mulai menyiaokan produk. Termasuk yang berkaitan dengan pergantian nama bisnsi rintisanya. Lalu, pada Februari dan Maret 2021, ia menggencarkan untuk menggelar event.

”Saat ini penjualan Castuarine melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Instagram, dan Whatsapp,” katanya.

Aulia menyebut, capaian omset tertinggi bisnis rintisannya terjadi pada Februari, berkisar 7 juta. Saat ini total produk yang masuk mencapai 120 hijab.

“Ini baru masuk lagi 50 buah. Kalau dihitung per bulan ini totalnya 10 juta lebih,” sebutnya.

Ke depan Aulia bersama enam stafnya bekerja sama dengan beberapa platform, perusahaan, dan customer. Terutama untuk menjalin kerja sama bisnis dan memperlebar networking. (*)

Penulis: Dimar Herfano

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp