Pelatihan Kapasitas Diri Positif Remaja 5C bagi Guru di Kabupaten Malang

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Potret kegiatan pengmas F. Psikologi. (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – Perkembangan remaja dalam pandangan psikologi positif mengedepankan sudut pandang pengembangan kapasitas diri positif yang dimiliki, daripada fokus untuk “memperbaiki sebuah masalah” pada diri manusia. Dalam konteks perkembangan remaja di ranah psikologi positif, munculah sebuah aliran perspektif yang biasa disebut dengan perkembangan remaja positif (Positive Youth Development, PYD). Dalam penggunaannya, PYD kemudian dikenal dengan konsep 5C, yang terdiri dari Competence, Confidence, Connection, Character, dan Caring/Compassion.

Dalam konteks perkembangan remaja, peran guru di sekolah pada dasarnya sangat penting untuk dapat mendorong remaja menjalani perkembangan yang positif. Sekolah menjadi saluran sosialisasi hidup yang penting bagi remaja karena remaja menghabiskan rata-rata waktu delajam jam di sekolah. Sekolah juga menjadi tempat penting bagi remaja mengembangkan kemampuan dirinya karena pada masa remaja, individu mulai berusaha mengembangkan dan membentuk identitas dirinya secara mandiri.

Kegiatan Pengabdian masyarakat dengan tema Mengembangkan Kemampuan Positif Siswa Melalui Pelatihan Kapasitas Diri Positif Remaja 5c (Competence, Confidence, Connection, Character, Caring) bagi Guru di Kabupaten Malang dilaksanakan sebagai upaya mengenalkan sekaligus menambah dan mengembangkan pengetahuan guru mengenai Pengembangan Remaja Positif. Kegiatan ini diikuti oleh 59 guru di Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Kasembon dan sekitarnya. Pengabdian masyarakat dilakukan selama 2 hari melalui ZOOM meeting, mulai tanggal 31 Oktober hingga 1 november 2020. Pemateri utama pada pelatihan ini adalah Bapak Ilham Nur Alfian, M.Psi., Psikolog sebagai pakar di bidang Psikologi Sosial dan juga Perkembangan Remaja Positif.

Melalui program ini, Guru-guru di Kabupaten Malang dikenalkan dengan Perkembangan Remaja Positif serta konsep 5C bagi remaja. Menurut Ketua Pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat, Ilham Nur Alfian, M.Psi., Psikolog, konsep-konsep 5 C pada Perkembangan Remaja Positif merupakan indikator yang dapat membantu guru-guru untuk mengetahu apa saja yang perlu dicapai oleh siswa mereka. “Konsep 5C pada Perkembangan Remaja Positif menjelaskan bahwa remaja yang berkembang secara positif memiliki kemampuan positif di dalam sebuah area spesifik (Competence), rasa percaya diri yang positif (Confidence), memiliki relasi yang konstruktif dan mendukung (Connection), berkarakter positif (Character), dan memiliki rasa simpati dan empati kepada orang lain (Caring).” tutur Ilham pada (31/10/2020).

Penulis: Tim Pengmas F. Psikologi

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp