Mahasiswa D4 Manajemen Perhotelan Ikuti Paparan PKL Terkait “Professional Hotelier Training Gallery Hotel”

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa D4 Manajemen Perhotelan Ikuti Paparan PKL Terkait "Professional Hotelier Training Gallery Hotel. (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS –  D4 Manajemen Perhotelan mengadakan Kuliah Tamu diikuti oleh Mahasiswa semester 4 dari D4 Manajemen Perhotelan pada Rabu (23/02/2022) melalui Zoom Meeting. Sesi ini diagendakan oleh Dian Yulie Reindrawati SSos MM PhD selaku PJMK Mata kuliah PKL.

Materi mengenai Professional Hotelier training ini dibawakan oleh narasumber dari ASST. HR Manager K Gallery Hotel Pandaan, yaitu Dimas Rizqi Ramadhani yang merupakan alumni dari Manajemen Perhotelan Universitas Airlangga pada tahun 2013-2016. Dalam kesempatan itu, ie membawakan materi tentang Hospitality vs Hotelier. Menurutnya, perbedaan dari Hospitality dan Hotelier adalah Hospitality adalah berkaitan dengan tuan rumah, secara harfiah hubungan antara tamu dan orang yang memiliki tempat industry tersebut. 

“Bagaimana mengentertaiment tamu, dan membuat tamu merasa welcome kepada kita yang bisa diartikan dengan keramahtamahan, sedangkan Hotelier adalah semua orang yang bekerja di hotel atau orang yang memiliki hotel,” ujarnya.

Selanjutnya, ia memaparkan “Why must be professional”. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk bisa memberikan kepuasan terhadap tamu. Pasalnya, pada prinsip bekerja membawa citra perusahaan atau pekerja.

“Dan pada saat kita bekerja disitulah orang akan menilai apakah kita bekerja secara profesional atau tidak. Kita bekerja juga tidak untuk diri kita sendiri tapi untuk orang lain dan manajemen kita akan menilai kita juga,” jelasnya.

Dalam paparan selanjutnya, Manager K Gallery Hotel, Dimas Rizqi Ramadhani menjelaskan bahwa “Being professional must pay attention”, yaitu etika, kedisiplinan, kedewasaan dalam pengambilan keputusan suatu masalah, kepimpinan dalam diri, penampilan, serta komunikasi. Hal-hal tersebut, lanjutnya, merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam dunia industri perhotelan. 

“Komunikasi sangat penting salah satunya, yaitu dapat mengurangi suatu konflik dan juga meningkatkan team building. “The coore value of hospitality are”. Dalam hal ini, seorang Hotelier diajari tentang sifat-sifat menghormati, tolong menolong, ketulusan, kerendah hatian, kesopanan, kejujuran di dalam sebuah industri perhotelan,” paparnya. 

Kemudian, ia juga menjelaskan seputar “Guidelines for Hotelier in Performing Daily Works”. Menurutnya, seorang Hotelier mempelajari tentang pedoman bagi pengelola hotel dalam melakukan pekerjaan di sebuah perusahaan seperti mematuhi peraturan atau peraturan dan etika bisnis. Hal itu dapat ditunjukkan dengan menghormati manajemen dan karyawan lainnya, menjaga dan menjaga properti perusahaan, memberikan saran yang berguna.

“Serta menjaga kerahasiaan hotel yang diterima karena jabatan atau hubungan dengan hotel dan tidak melakukan sesuatu yang negatif terhadap perusahaan,” tutupnya. 

Penulis: Didar Putra Cahya Diar

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp