Promosi Kesehatan dan Generasi Milenial

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi by YukVideoin

Surabaya menghadapi berbagai permasalahan perkotaan yang semakin kompleks termasuk masalah kesehatan. Saat ini di era 4.0 dengan generasi milenial-nya dibutuhkan satu platform promosi kesehatan yang inovatif sesuai dengan jamannya. Generasi Z atau generansi milenial ini menjadi angkatan yang fasih dengan teknologi terutama teknologi  dunia maya. Perlu ada platform promosi kesehatan yang bisa menjangkau generasi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan solusi  inovatif seperti promosi kesehatan digital bagi kaum milenial sebagai segmen terbesar pengguna internet.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi spesifikasi kebutuhan generasi milenial untuk mengembangkan platform promosi kesehatan digital. Penelitian dilakukan di Kota Surabaya. Metode  penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan purposive sampling  sebanyak 24 informan. Informan tersbut sudah dipilihkan beberapa pihak terkait yang memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan telah dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal yang dibutuhkan oleh generasi milenial untuk mau mengakses dan mau memanfaatkan promosi kesehatan digital. Kebutuhan tersebut dibedakan dalam 4 domain , yaitu: fungsional, teknis, interface, dan tampilan. Untuk spesifikasi fungsional ini, generasi milenial menghendaki adanya prosedur, menu, fitur, konten, data, informasi, mekanisme kontrol, dan hal hal yang berkaitan dengan itu. Sedangkan kebutuhan teknis meliputi: program, jaringan, ukuran, dan jenis perangkat digital (device) yang digunakan. Untuk kebutuhan interface terdiri dari tampilan visual yang diinginkan sesuai dengan  interface pengguna dan sistem operasionalisasinya. Kebutuhan fitur kinerja mencakup beberapa aspek seperti kecepatan, akurasi, efisiensi, efektivitas, keamanan, dll. Agar promosi kesehatan digital ini bermanfaat maksimal maka dibutuhkan platform tersebut sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari generasi milenial. Jika persyaratan ini dapat dipenuhi maka target akan lebih mudah menerima dan mau menggunakan platform promosi kesehatan digital.

Penulis: Dr. Sri Widati.,S.Sos.,M.Si

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7445667/

Atik Qurrota A’Yunin Al-Isyrofi,  Sri Widati, dan Rachmat Hargono. (2021). Requirement Specification to Develop Digital Health Promotion Platform for Millenial and Post-Millenial Generations in Surabaya Indonesia. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology . Apr-Jun2021, Vol. 15 Issue 2, p2022-2031. 10p. DOI Number: 10.37506/ijfmt.v15i2.14661  

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp