Mahasiswa Prodi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Lakukan Kunjungan ke RSUD Jombang

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Pada (23/11) lakukan kunjungan mahasiswa MPK dan MPKPK ke RSUD Jombang, yang merupakan pemenang BPJS Awards 2021 pada kategori Rumah Sakit Kelas B Paling Berkomitmen Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tingkat Nasional. 

Kunjungan ini merupakan kegiatan rutin sesuai kurikulum, bertujuan memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk memahami kondisi lapangan. Setelah tahun lalu program studi AKK mengadakan kegiatan kunjungan secara virtual karena alasan pandemi, maka tahun ini kegiatan diselenggarakan secara hybrid, beberapa mahasiswa dan dosen hadir di RSUD Jombang, sementara lainnya mengikuti secara online melalui zoom. Rombongan diterima oleh Wakil Direktur Pelayanan dan Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Jombang. 

Seperti diketahui bahwa di era JKN rumah sakit menerima pembayaran dari BPJS dengan cara klaim. Fakta tantangan Rumah Sakit di era JKN antara lain pendapatan yang belum optimal, ekspektasi peserta meningkat dan sistem administrasi klaim dengan defisit finansial yang masih berlanjut serta mutu layanan faskes yang perlu diperbaiki terus-menerus. Perpres No 82 Tahun 2018 mengatur upaya dalam pengelolaan pembiayaan, namun beberapa masalah bisa terjadi pada proses klaim, diantaranya dispute, pending ataupun gagal bayar.

Paparan pertama, Dr. Ma’Murotus Sadiyah, dr., M.Kes menyampaikan Profil RSUD Jombang dengan menampilkan program layanan unggulan, termasuk juga pelayanan pasien covid dan pelayanan inovasi pada masa pandemi. Semua layanan yang diselenggarakan difokuskan untuk peningkatan mutu rumah sakit. Program unggulan RSUD Jombang disebut sebagai SiPenO CeRdaS, kepanjangan dari Sistem Pelayanan Online yang Cepat, Ringkas dan Santuy. Penggunaan tehnologi informasi di RSUD Jombang sangat membantu pencapaian mutu layanan optimal bagi pasien. 

Paparan kedua disampaikan kepala Instalasi Pemberkasan Dan Klaim Jaminan Kesehatan (IPKJK) – dr. Sangidu M.ARS, tentang Tata Kelola Berkas Klaim Pasien BPJS RSUD Kabupaten Jombang. Tata kelola berkas klaim pasien BPJS ini mengantar RSUD Jombang mencapai penghargaan BPJS. Adanya tagging (penandaan) elektronik Pasien Rujuk Balik (PRB) pada tampilan rekam medis elektronik memudahkan dokter penanggung jawab memonitor PRB. Praktek baik lain yang bisa dipelajari adalah adanya Plan of Action (PoA) pengajuan klaim JKN dan klaim Covid-19 yang disepakati dan dijalankan dengan baik oleh RSUD Jombang dan pihak BPJS.  

Mahasiswa peserta kunjungan antusias sekali, terlihat dengan banyaknya pertanyaan dalam sesi diskusi dengan pihak RSUD Jombang. Dr. Ma’Murotus Sadiyah, dr., M.Kes selaku wakil direktur mengatakan bahwa kunjungan mahasiswa seperti ini diharapkan dilakukan lebih sering, apalagi mahasiswa bisa memberikan banyak masukan bagi perkembangan RSUD Jombang. Kunjungan diakhiri dengan sesi foto bersama, diharapkan hasil kegiatan memberi manfaat, baik bagi rumah sakit dan bagi mahasiswa dan dosen yang menghadiri pertemuan tersebut. Penerapan kunjungan ini merupakan kontribusi nyata peminatan MPK dan MPK PK Prodi AKK Departemen Administrasi dan Kebijakan, FKM Unair dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDG’s) pada tujuan ketiga yaitu Good Health and Well Being (Menjamin Kehidupan yang Sehat dan Meningkatkan Kesejahteraan Penduduk di Segala Usia).

Penulis: Dr. Ernawaty, drg., M.Kes

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp