Padukan Model Sneakers dengan Ikon Batik Indonesia, Tiga Mahasiswa Vokasi UNAIR Raih Best Paper Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Mahasiswa D-III Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV UNAIR) kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah nasional. Tiga srikandi yang terdiri dari Dwi Ratna Yulianti, Desela Kharisma Q. R., dan Nabiilah Husna meraih Best Paper dalam kompetisi Marketing Entrepreneur Competition Online yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Trilogi.

Ketua Bar Bar Squad Dwi Ratna Yulianti menuturkan bahwa tim melakukan riset terlebih dahulu untuk memilih dan memutuskan ide produk. Setelah melakukan berbagai petimbangan, tim memutuskan untuk memilih sepatu sneakers sebagai produk inovasi.

Kondisi pandemi Covid-19 membuat beberapa pelaku usaha fashion mengalami kerugian yang besar hingga menyebabkan beberapa dari mereka terpaksa gulung tikar. Tim ingin mengembangkan produk sneakers yang unisex dan membawa aksen kebudayaan batik agar lebih digemari anak muda.

“Akhirnya terciptalah Sepatu SHOTz. SHOTz hadir sebagai solusi untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia dengan mengusung konsep cinta tanah air,” jelasnya.

Lebih lanjut Desela Kharisma mengungkapkan bahwa sepatu SHOTz mengkombinasikan desain batik dengan model sepatu yang sedang tren. Sepatu SHOTz memiliki 4 desain model sepatu, yaitu Slip On Sneakers, Plimsoll Sneakers, Low Top Sneakers dan High Top Sneakers.

“Dalam proses produksi sepatu SHOTz, kami akan bekerja sama dengan beragam pelaku usaha atau stakeholder seperti warga Kampung Dolly, Seniman batik serta masyarakat sekitar Surabaya,” ungkapnya.

Tim memilih Kampung Dolly karena kampung tersebut merupakan binaan Pemerintah Kota Surabaya yang memiliki produk unggulan sepatu. Ke depannya SHOTz akan diproduksi di Kampung Dolly. Mereka juga memberikan kesempatan bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk terlibat dalam pembuatan sepatu SHOTz.

“Selain itu, SHOTz juga bekerja sama dengan seniman batik dalam proses desain batik pada sepatu. Dengan kehadiran sepatu SHOTz ini diharapkan memiliki dampak positif bagi sektor pelaku usaha atau skateholder dalam menghadapi new normal,” harapnya.

Pada akhir, tim mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan Damar Kristanto, S.E., M.S.M. selaku dosen pembimbing. Ketua Prodi Manajemen Pemasaran FV UNAIR Maurisia Putri Permatasari, SE., M.Sc juga turut memberi dukungan dan selalu mengajak mahasiswa untuk terus berprestasi membawa nama baik UNAIR di kancah nasional hingga internasional. (*)

Penulis :  Sandi Prabowo

Editor  :  Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp