Meningkatkan Jiwa Kepalangmerahan Melalui Lomba PMR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Awarding pemenang competition pada 18 September 2021. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangvga menggelar PMR Competition bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat. Lomba yang diadakan mulai 2 Agustus 2021 ini memiliki 4 kategori lomba yaitu pertolongan pertama, pendidikan remaja sebaya, ayo siaga bencana, dan sanitasi kesehatan. 

Shinta Rahmadanti selaku ketua pelaksana mengatakan lomba PMR itu tidak hanya sebagai ajang kompetisi saja. “Dengan diadakannya lomba ini, peserta tidak hanya berkompetisi tapi juga memperdalam ilmu serta sebagai ajang silaturahmi,” ujarnya pada awarding pemenang yang dilaksanakan pada Sabtu, (18/9/2021).

Uniknya mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir maka pelaksanaan lomba dilaksanakan secara virtual. Para peserta membuat karya berupa video yang akan dinilai oleh juri. 37 tim peserta  dari berbagai penjuru Indonesia mengikuti lomba ini dengan antusias. Peserta tidak hanya dituntut terampil dalam memperlihatkan kemampuannya namun turut dituntut kreatif dalam memperlihatkan visualisasi yang baik.

Sementara itu KPS D3 Keperawatan Dr. Makhfudli, S.Kep. Ns., M.Ked. Trop. mengatakan bahwa ia merasa bangga atas diselenggarakannya acara ini. “Saya sangat bangga atas diselenggarakannya acara ini. Alhamdulillah dalam pelaksanaannya banyak yang mengikuti,” katanya.

Selaras dengan KPS D3 Keperawatan, Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si. yang merupakan wakil dekan I Fakultas Vokasi UNAIR juga menyampaikan rasa bangganya. “Luar biasa. Bangak sekali perwakilan sekolah yang ikut dari berbagai daerah di Indonesia tidak hanya Jawa Timur saja,” ungkapnya. 

Tika juga menggambarkan bawa seorang siswa yang mengikuti kegiatan palang merah merupakan sosok yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari. “Saya membayangkan sosok-sosok siswa yang mengikuti palang merah bahwa mereka memiliki rasa peduli sesama dan berempati tinggi,” terangnya.

Nurul Fitri peserta perwakilan dari SMKN 2 Probolinggo turut mengungkapkan motivasinya mengikuti palang merah dan membawanya mengikuti acara ini. “Supaya bisa dapat ilmu agar bisa membantu teman-teman dan orang lain,” ungkapnya.

Pada lomba PMR Competition ini terpilih 3 pemenang yaitu juara 1 SMA Negeri Mojoagung, juara 2 adalah SMAN 1 Rogojampi, dan juara 3 ialah SMAN 20 Jakarta.

Penulis :Icha Nur Imami Puspita

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp