Kukuhkan 8.174 Mahasiswa Baru, Rektor Berikan Pesan 4 Ciri Pembelajar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor UNAIR Prof Moh Nasih memberikan pesan kepada mahasiswa baru yang dikukuhkan pada Senin, (30/8/2021). (Foto: Agus Irwanto)

UNAIR NEWS – Sebanyak 8.174 mahasiswa baru dikukuhkan secara daring oleh Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak pada Senin (30/8/2021). Mereka adalah mahasiswa baru jenjang sarjana dan vokasi yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.

Dalam kesempatan itu, Rektor menekankan bahwa meskipun sedang di masa pandemi, faktor tatap muka bukan menjadi penentu keberhasilan seseorang. Menurutnya, ada beberapa variabel penentu keberhasilan mahasiswa. Selain sarana prasanara, tenaga pendidik, ada faktor intrinsik yang berasal dari dalam diri mahasiswa.

“Faktor intrinsik yang ada dalam diri mahasiswa yaitu komitmen dan keinginan mereka untuk terus menuntut ilmu,” ucap Rektor. “Proses membalajaran hanya 30 persen saja (tatap muka, Red). Sisanya adalah proses pembelajaran Anda sendiri,” lanjutnya.

Selain itu, Rektor memberikan pesan-pesan kepada mahasiswa yang telah resmi menjadi bagian dari Ksatria Airlangga. Menurutnya, ada empat cici pembelajar yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Empat ciri itu adalah sebagai berikut,

  1. Terbuka

“Keterbukaan dan kemauan kita untuk menerima ide dan pandangan baru, ilmu, pendapat, gagasan, menjadi hal yang sangat utama. Orang yang tidak terbuka akan bertahan dengan idenya semata tanpa melihat bahwa dia hanya sebagian kecil dari dunia ini,” ucap Rektor.

2. Berfikir logis dan sistematis

Pada ciri ini, Rektor mengimbau mahasiswa untuk menghindari mencari kambing hitam atau mengorbankan orang lain sebagai penyebab. “Berfikir sistematis akan membuat kita tahu akar dari setiap masalah untuk mencari solusinya. Hindari pula informasi yang tidak terverifikasi,” ungkap Rektor.

Rektor UNAIR Prof Moh Nasih (kiri) secara simbolis memberikan muts kepada mahasiswa baru. (Foto: Agus Irwanto)

3. Fleksibilitas

“Fleksibilitas penting untuk menjadikan Anda pembelajar sejati. Kemampuan Anda mengubah diri, fleksibel, mengembangkan kapasitas diri, menjadi kunci untuk terus belajar. Anda sekarang dituntut untuk menjadi orang yang selalu terbuka dan siap dikritik,” ucap Guru Besar Fakultas Eekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR itu.

4. Berani mengambil risiko

Tak lupa, Rektor memberikan selamat kepada seluruh mahasiswa yang berhasil menjadi bagian dari mahasiswa UNAIR. Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada orang tua mahasiswa yang telah mengantarkan putra putrinya hingga menjadi bagian dari mahasiswa UNAIR.

“Anda adalah orang-orang terpilih dan terseleksi. Saya menyampaikan selamat kepada Anda semua. Selamat pada para orang tua yang sudah mengantarkan putra putrinya. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Rektor. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp