PAGAR, Bisnis Rintisan Mahasiswa UNAIR Banyuwangi Mendapat Pendanaan KBMI

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Logo Pagar Animal Care (Foto by instagram @salonpet_)

UNAIR NEWS – Mengingat cukup rendahnya kepedulian masyarakat Banyuwangi terhadap hewan. Membuat Almujaddidi mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi bersama 4 rekannya merintis bisnis yang bernama Pagar Animal Care.

PAGAR Animal Care adalah usaha yang berfokus dalam pelayanan jasa kesehatan hewan yang sudah berjalan dari tahun 2019. Kepada tim UNAIR NEWS, Almujaddidi selaku Founder mengungkapkan bahwa PAGAR Animal Care dulunya bernama Salon Pet yang melayani perawatan kebersihan dan kecantikan anjing dan kucing.

“Karena tidak memiliki outlet, kita buat modelnya semacam house calling, jadisaya mendatangi klien dari rumah ke rumah,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa Ajo tersebut.

Ajo memaparkan, setelah beralih menjadi PAGAR Animal Care mereka tidak hanya menawarkan jasa perawatan kecantikan hewan. Namun juga jasa penitipan hewan, kesehatan hewan dan penyelamatan hewan liar.

“Sesuai dengan nama bisnis kita PAGAR, yang merupakan singkatan dari pet hotel, animal clinic, grooming and rescue,” jelasnya.

Hewan yang dilayani juga akan lebih banyak, hewan-hewan eksotik dari golongan reptil maupun unggas juga akan siap dilayani oleh Ajo dan tim. “Jadi tidak hanya anjing dan kucing saja,” imbuhnya.

Bisnis yang dikelola oleh Ajo (FKH 18), Gigih Fikrillah Sya’ban (FKH 18), Rini Apriliawati (FKH 19) Marcella Jessica (FKH 20) dan Julia Kasih (FEB 19) ini juga mendapatkan pendanaan KBMI tahun 2021. KBMI merupakan ajang kompetisi bisnis mahasiswa se-Indonesia yang diadakan oleh Kemendikbud. Ajo menilai untuk mendapatkan pendanaan KBMI cukup mudah namun benar-benar harus mempersiapkan bisnisnya dengan matang.

“Konsistensi, relevansi dan kompetensi dari bisnis yang kita usung benar-benar diuji disini, bagi teman-teman yang memiliki ide bisnis dan ingin mencoba mendaftar KBMI mungkin bisa mulai dari sekarang, jangan kebanyakan mikir just do it,” tuturnya.

Sementara itu, Marcella Jessica yang merupakan mahasiswa baru merasa bersyukur telah menjadi bagian dari PAGAR Animal Care. Hal tersebut bisa menjadi kesempatan belajar hal baru yang langka dan berharga.

“Bersyukur dulu tidak menolak tawaran dari Kak Ajo, ini bisa menjadi kesempatan untuk belajar bisnis dan menerapkan pengetahuan yang saya dapat selama perkuliahan,” ujarnya.

Marcella berharap, semoga PAGAR Animal Care Kedepanya bisa berjalan dengan baik dan memberikan kebermanfaatan tidak hanya bagi mahasiswa namun juga orang yang membutuhkan jasa mereka.

“Selain itu, ini juga bisa menjadi sumber pemasukan tetap bagi kami,” pungkasnya. (*)

Penulis: Ivan Syahrial Abidin

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp