Mahasiswa Kedokteran Peraih IP 4 Juara Lomba Pageant Tingkat Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Membanggakan! Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) berhasil menjuarai ajang pageant, kontestasi yang identik dengan pencarian tampang rupawan. Dialah Muhammad Raihan Habibi, peraih 1st runner up pada kontestasi Putra dan Putri Pariwisata Nusantara 2021 yang diselenggarakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia.

“Walaupun awalnya agak tidak percaya, namun semua ini berkat dukungan dari orang-orang di sekitarku. Baik dari support, ilmu, dan tentunya do’a,” jelas Habibi, nama panggilannya.

Laki-laki kelahiran 2000 ini menceritakan, ibu adalah sosok yang membawa dirinya ke dunia modeling. ”Sejak kecil dari TK sudah diikutkan lomba modelling dan pernah tembus ke tingkat Nusantara,” kenanganya.

Namun, langkahnya harus rehat sejenak pada masa SMA lantaran Habibi masuk ke salah satu sekolah terbaik di Kalimantan. Ketika memasuki bangku kuliah, ia mencoba kembali merajut benang modelling yang sempat terputus. “Salah satu inspirasiku adalah Dokter Ricky Al Faray, kakak kelasku FK UNAIR angkatan tahun 2012 yang bisa sukses akademik dan non akademik,” ucapnya.

Di FK UNAIR, ia awali benang modellingnya dengan mengikuti lomba Duta FK UNAIR tahun 2019 dan meraih Juara 1. Selanjutnya, ia mengikuti pemilihan Duta Kabonara Surabaya 2020 yang di gagas oleh Dokter Ricky Al Faray dan berhasil meraih Juara 1.

Sayap itu ia lebarkan lagi dengan mengikuti salah satu agensi model, Ryo Management. Yang terakhir, ia mengikuti kontestasi Putra dan Putri Pariwisata Nusantara dan berhasil menjadi runner-up. “Banyaknya kontestasi yang aku ikuti sebenarnya untuk menggali potensi dalam diriku dan ikut berkontribusi dalam menyelesaikan masalah di masyarakat,” jelasnya.

Pada saat mengikuti kontestasi tingkat Nusantara lalu, kegiatannya terbilang cukup padat dari awal Februari sampai Maret. Contohnya, seperti mengikuti kelas pengembangan diri dan kepariwisataan Indonesia serta mengerjakan beberapa challange.

Challenge-nya adalah kontestan membuat vlog tentang pariwisata Indonesia dan Live IGTV bersama influencer,” ucapnya.

Habibi bersyukur karena mendapatkan berbagai macam wawasan seperti bagaimana berinteraksi dengan masyarakat secara luas serta memanagemen diri sendiri.

Habibi juga harus menjalani sesi photoshoot, sesi yang cukup melelahkan baginya. ”Biasanya dimulai dari jam 7 pagi sampai malam, bahkan pernah sampai jam 1 malam. Terus gonta-ganti kostum dan waktu pakai kostum karnaval, Ya Allah pakaiannya berat sekali,” ucapnya sembari mengelus-elus punggung dan lehernya yang pernah sakit karena itu.

Pada malam Grand Final pada 21 Maret lalu, dewan juri membuat pengumuman. “Selamat kepada Muhammad Raihan Habibi dari Jawa Timur sebagai 1st Runner Up Putra Pariwisata Nusantara2021”.

Selain itu, Habibi juga mendapatkan predikat sebagai Duta Kesehatan Indonesia di sana. Rasa bangga terlihat jelas di raut wajahnya, walalupun ada sedikit rasa tidak percaya. “Banyak kontestan lain yang banyak mengikuti ajang serupa, public speakingnya jago, dan kontribusinya di masyarakat sudah besar sekali, namun aku terpilih sebagai juaranya. Aku bersyukur sekali,” jelasnya.

Kepada reporter, Habibi memberikan beberapa tips bagaimana cara meraih mimpi yang kita impikan. ”Kembangkan potensi yang ada dalam diri kalian, jangan takut duluan, ikuti prosesnya, pokoe gas poll!!!” ucapnya semangat.

Baginya, keluar dari zona nyaman akan membantu dalam menggapai impian yang kita raih. Selain itu, atur jadwal sehari-hari dan buat skala prioritas. ”Walaupun banyak godaannya, kalau niat dan disiplin pasti bisa,” ujar mahasiswa peraih IPS 4 pada semester 4 dan 5 ini. (*)

Penulis: M. Gita Jayanata

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu