FK UNAIR Hadirkan Profesor dari United Arab Emirates University untuk Bahas Penelitian di Masa Pandemi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Prof. Nico Nagelkerke, MSc., PhD ketika mempresentasikan materinya di AWCS ke-60 (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (UNAIR) undang Prof. Nico Nagelkerke, MSc., PhD (Prof. Nico) sebagai pembicara di Airlangga Webinar Conference Series (AWCS) ke-60. Webinar tersebut dilaksanakan pada Jum’at (26/3/2021) melalui media zoom dan YouTube. 

Prof.Nico yang merupakan salah satu professor biostatistika di United Arab Emirates University menjelaskan bahwa terdapat banyak kesempatan untuk melakukan penelitian dimasa pandemi seperti saat ini. Berbagai penelitian yang bisa dilakukan oleh bidang studi klinis misalnya adalah terkait prognosis, intervensi dan terapi COVID-19. 

Sementara itu, bidang kesehatan masyarakat juga dapat melakukan penelitian mengenai cara mengurangi transmisi, monitoring, dan surveilans. Isu lain yang dapat diteliti pada masa pandemi saat ini diantaranya adaah terkait virus dan mutasi virus; PCR; antigen; antibody; epidemiology COVID-19 dan lain sebagainya.

“Departemen kesehatan masyarakat dapat terlibat dalam berbagai tipe penelitian baik secara independen, kolaborasi, atau menanggapi panggilan dari seperti kementerian,” jelas Prof.Nico.

Penelitian independen atau berdasarkan inisiatif pribadi dapat biasanya didorong oleh pertanyaan; data yang tersedia; dan kombinasi dari keduanya. Penelitian yang didorong oleh pertanyaan contohnya adalah bagaimana respon masyarakat Indonesia terhadap pesan kesehatan masyarakat seperti social distancing? Bagaimana infection fatality rate (IFR) di Indonesia?

“Penelitian yang didorong oleh data yang tersedia dapat berupa data kematina, hasil tes, data klinis dari rumah sakit dan fasilitas lainnya,” lanjutnya.

Disamping itu, penelitian klinis dapat berupa penelitian mengenai prediktor dari keparahan penyakit dan kematian. Kemudian penelitian terkait pasien mana yang dapat diobati diluar rumah sakit; penelitian intervensi dengan randomized clinical trials dan zelen designs; serta penelitian mengenai post discharge follow up. 

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu