Dekan dan Alumni FKp UNAIR Bahas Tuntas Alasan Harus Berkuliah di FKp UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dekan FKp UNAIR Prof. Dr. Ah. Yusuf, S.Kp., M.Kes. saat memberikan info session pada AEE 2021. (Foto : SS Youtube UNAIR)

UNAIR NEWS – Pada Gelaran Airlangga Education Expo (AEE) 2021, Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga berkesempatan memberikan Info Session dengan konsep Talk Show (18/2/2021). Dekan FKp UNAIR Prof. Dr. Ah. Yusuf, S.Kp., M.Kes. beserta Alumni FKp UNAIR Gading Ekapuja Aurizki, S.Kep., Ns., MSc menjadi narasumber utama pada talkshow itu. 

Prof. Yusuf mengungkapkan bahwa saat ini pengelola FKp UNAIR ingin menjadikan FKp UNAIR sebagai Fakultas yang SMART dengan keunggulan innovation in caring berbasis excellence with morality. Ke depannya, FKp UNAIR akan mencoba membuat inovasi-inovasi baru. 

“FKp UNAIR merupakan salah satu Fakultas terbaik di Indonesia karena banyak sekali capaian prestasi yang diperoleh. Di sisi lain, FKp UNAIR sudah terakreditasi nasional A dan sudah terakreditasi internasional,” ungkapnya.

Saat ini FKp UNAIR memiliki empat program studi yaitu Sarjana Keperawatan, Magister Keperawatan, Spesialis Keperawatan Medikal Bedah dan Program Doktor Keperawatan. Keempat program studi tersebut terbagi dalam dua departemen yaitu Departemen Keperawatan Dasar dan Departemen Keperawatan Lanjut.

“FKp UNAIR memiliki 5 rumah sakit utama sebagai sarana pendidikan, yaitu RS Universitas Airlangga, RS. Dr. Soetomo, RS. Gigi dan Mulut UNAIR, Institute of Tropical Disease serta Rumah Sakit Hewan UNAIR,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, FKp UNAIR juga telah banyak melakukan kolaborasi dengan institusi di luar negeri. Diantaranya adalah LaTrobe University Australia, Flinders University Australia, UCC Ireland, University of Malaya, Naresuan University Thailand, dan JCA Japan.

Lebih lanjut, Gading Ekapuja Aurizki, S.Kep., Ns., MSc sebagai Alumni FKp UNAIR membagikan pengalaman kuliahnya di FKp UNAIR. Menurutnya, cerita tentang FKp UNAIR adalah cerita tentang transformasi diri. 

“Hal ini karena 11 tahun lalu, saya hanyalah mahasiswa baru yang baru menginjakkan kaki di UNAIR. Tahun demi tahun, saya menjalani perkuliahan di FKp UNAIR. Selama tahun-tahun itulah FKp UNAIR menempa saya menjadi pribadi seperti saat ini,” jelasnya.

Gading, sapaan akrabnya, menceritakan hal-hal yang membuat FKp UNAIR lebih istimewa. Hal pertama adalah dosen dan staff di FKp UNAIR yang sangat suportif dan inspiratif. 

“Dosen-dosen FKp UNAIR memiliki banyak reputasi di bidang pendidikan, penelitian maupun di bidang pengmas. Dosen FKp UNAIR bahkan memiliki publikasi bertaraf internasional,” tambahnya.

Kedua, FKp UNAIR memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari akses jurnal internasional, sarana laboratorium hingga sarana pendidikan berupa rumah sakit. Selain itu, FKp UNAIR juga menyediakan beasiswa baik beasiswa prestasi maupun beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu.

Untuk mengembangkan softskill, lanjut Gading, FKp UNAIR juga memberikan ruang bagi mahasiswa dengan menyediakan berbagai organisasi. Di antaranya adalah Badan Eksekuti Mahasiswa (BEM), UKMF Seni, olahraga, English Club, Badan Legislatif Mahasiswa, Sie Kerohanian Islam Ners (SKINers) dan Airlangga Nursing Journalist.

Peluang karir untuk lulusan FKp UNAIR sangat beragam. Selain berprofesi sebagai perawat, lulusan FKp UNAIR juga bisa bekerja baik di dalam maupun di luar negeri. Peluang karir di FKp UNAIR antara lain adalah sebagai dosen, peneliti, pengusaha, Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta banyak pilihan profesi lainnya.

“Dengan demikian, FKp UNAIR adalah pintu yang akan membuka banyak peluang untuk karir kita ke depan,” pungkasnya. (*)

Penulis :  Sandi Prabowo

Editor    : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR NEWS

UNAIR NEWS

Leave Reply

Close Menu