Rektor Sediakan ‘Golden Ticket’ Masuk UNAIR Melalui Jalur Khusus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PROSESI pembukaan AEE 2021 sekaligus penyampian materi oleh Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh Nasih, SE., MT., Ak. (Foto: Feri Fenoria)
PROSESI pembukaan AEE 2021 sekaligus penyampian materi oleh Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh Nasih, SE., MT., Ak. (Foto: Feri Fenoria)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga menyelenggarakan pameran pendidikan secara virtual pada bulan Februari 2021 ini. Pameran pendidikan bertajuk Airlangga Education Expo (AEE) ini rutin digelar tiap tahun. Tak hanya pameran pendidikan, UNAIR juga menggelar sejumlah talkshow yang akan menambah wawasan calon mahasiswa seputar perkuliahan.

Dalam pembukaan AEE yang diberlangsung pada Sabtu (13/2/2021) Rektor UNAIR Prof Moh Nasih menyampaikan informasi seputar penerimaan mahasiswa baru di UNAIR tahun 2021. Saat ini secara nasional terdapat 837 ribu siswa yang eligible untuk mengikuti pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Daya tampung nasional hanya sejumlah 100 ribu-an. Artinya, ada sejumlah 700 ribu-an siswa yang tidak dapat mengikuti proses seleksi SNMPTN,” ujar Rektor UNAIR yang merupakan Ketua LTMPT.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, UNAIR memiliki tiga jalur masuk, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Di samping proses seleksi itu, UNAIR memberi kesempatan kepada putra putri terbaik Indonesia yang memiliki sejumlah prestasi untuk mendapatkan ‘golden ticket’ masuk UNAIR yang mendaftar melalui jalur SNMPTN.

Jalur ‘golden ticket’ tersebut. Lanjut Prof Nasih, diperuntukkan bagi siswa dengan beberapa ketentuan, antara lain siswa yang pernah meraih juara lomba atau olimpiade internasional yang diselenggarakan oleh institusi terkemuka; ketua OSIS sekolah terkemuka; dan hafidh/hafidhah 30 juz atau kitab suci agama dari sekolah umum dengan akreditasi A.

“Kawan-kawan para pemimpin siswa atau ketua umum OSIS pada sekolah terkemuka, kami yakin mereka punya kapasitas kepemimpinan yang mumpuni, kami berikan kesempatan untuk mendapatkan ‘golden ticket’ dari jalur SNMPTN,” terangnya.

Rektor menambahkan, kuota ‘golden ticket’ tahun 2021 ini tergantung pada komposisi pendaftar. Pendaftaran dimulai pada 16-25 Februari 2021 melalui website ppmb.unair.ac.id .

“Dokumen para pendaftar akan kita pelajari dulu. Nanti juga akan kita umumkan secara terbuka nama-nama yang terpilih untuk dapat ‘golden ticket’ saat penutupan AEE,” terang Prof Nasih. “Golden tiket bukan berarti semua pendaftar akan diterima. Tahun lalu ada 14 orang. Tahun ini bisa nambah bisa kurang,” tambahnya.

Rektor juga menyampaikan bahwa daya tampung UNAIR tahun ini sedikit naik dari tahun sebelumnya, yaitu sejumlah 6.300 mahasiswa baru. Rektor mengimbau kepada para siswa yang akan mendaftar melalui jalur ‘golden ticket’ SNMPTN untuk dapat memilih jurusan di UNAIR yang memang beragam, tidak terbatas pada jurusan favorit seperti Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi yang menyediakan kuota tak begitu banyak.

Sementara itu, untuk siswa yang mendaftar menggunakan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), para siswa yang sudah mendaftar KIP-K dan mendapat nomor registrasi, dapat digunakan untuk mendaftar SNMPTN, SBMPTN, maupun Mandiri. Tahun 2021 ini, kuota KIP-K UNAIR mencapai 1000 lebih kuota. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu