GS PSDKU UNAIR Banyuwangi 2021 Tingkatkan Marwah sebagai Fasilitator Keilmuan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ivan Syahrial Abidin dan Rusdi Abdat sebagai Koordinator dan Wakil Koordinator GS Banyuwangi Periode 2021. (Foto: Ilustrasi oleh GS PSDKU)

UNAIR NEWS – Garuda Sakti (GS) merupakan salah satu Organisasi Badan Semi Otonom yang bergerak di bidang keilmuan. Fokus keilmuannya yakni Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres). Tiap tahunnya GS terus berbenah, yang diwujudkan dengan salah satu jalan yakni pergantian tongkat estafet kepengurusan. 

Tepat di tanggal 10 Januari 2021, Ivan Syahrial Abidin dan Rusdi Abdat dilantik secara resmi sebagai Koordinator dan Wakil Koordinator GS PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi periode 2021. Keduanya merupakan mahasiswa angkatan 2018 pada Program studi yang sama yakni Akuakultur PSDKU Banyuwangi. Dalam fokus utama program kerja (Proker), keduanya ingin lebih meingkatkan marwah GS sebagai fasilitator keilmuan yakni PKM dan Mawapres.

“Lebih ke peningkatan kompetensi kepenulisan ilmiah khususnya PKM dan KTI. Kita juga tidak mengesampingkan marwah GS di bidang Mawapres. Tahun ini akan diadakan karantina bagi mahasiswa yang berpotensi mengikuti Mawapres agar persiapan mereka lebih matang,” terang Ivan Syahrial Abidin, Koordinator GS 2021 pada Rabu malam (27/01) kepada UNAIR NEWS.

Output Proker tersebut, harapannya mampu mendongkrak prestasi mahasiswa baik dalam kompetisi ilmiah, PKM maupun Mawapres,” imbuhnya, menerangkan output Proker utama mereka.

Hingga saat ini, belum banyak kegiatan organisasi yang dilakukan. GS setidaknya telah melakukan melaksanakan dua Proker yang tergabung dalam satu kegiatan yakni serah terima jabatan dan Meet Up pengurus baru. Terkait kegiatan yang memerlukan pendanaan masih belum dapat dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan lantaran organisasi Keluarga Mahasiswa sebagai pengatur pendanaan dan administrasi dasar masih dalam proses re-organisasi. 

Harapan Ivan bagi pengurus GS tahun ini dapat menjadi organisasi yang solid, tercipta rasa kekeluargaan, kompak dan mampu sebagai organisasi yang sungguh-sungguh memfasilitasi mahasiswa PSDKU di bidang PKM dan Mawapres. Tidak hanya itu, tandasnya, yang terpenting pengurus dapat menjadi role model untuk terus berprestasi.

Ivan berpesan bagi seluruh Mahasiswa PSDKU UNAIR di Banyuwangi untuk lebih meingkatkan partisipasinya dalam kegiatan GS yang memang berdampak positif bagi semua kalangan. Selain itu, Ivan juga memberi pesan pribadi bagi mahasiswa yang kini sedang kuliah daring.

“Sebagian beranggapan, kuliah daring kurang efektif. Dilihat positifnya, banyak waktu luang. Bisalah kita memanfaatkannya seperti mengikuti lomba, kompetisi ilmiah untuk mendongkrak prestasi. Jangan takut gagal, tapi takutlah karena kita tidak mencoba,” pungkasnya. 

Penulis : Rista Novianti

Editor  : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu