Mempertemukan Pencari dan Penyedia Kerja Bidang Keperawatan Lewat Aplikasi “Pasar Kerja Perawat”

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh pasarkerjaperawat.com

Perawat merupakan tulang punggung sistem layanan kesehatan, apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang. Kebutuhan terhadap tenaga keperawatan seolah tidak pernah cukup. Itulah mengapa rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lainnya sering membuka lowongan pekerjaan untuk perawat untuk mengisi pos-pos perawatan yang masih kosong. Di sisi lain, Indonesia memiliki lulusan perawat yang sangat banyak. Menurut Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) 2018, jumlah lulusan perawat yang mencari kerja hampir mencapai 250.000 orang, sementara lowongan yang tersedia tidak sebanyak itu. Hal ini dapat mengakibatkan banyaknya lulusan perawat yang menganggur. Tingkat persaingan untuk dapat pekerjaan pun semakin tinggi.

Masalah tersebut ditangkap oleh Ferry Efendi, S.Kep., Ns., MSc., PhD, dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (FKp UNAIR). Sekitar bulan Juli 2020, Ferry memutuskan untuk membuat start-up “Pasar Kerja Perawat”, sebuah aplikasi yang mempertemukan lulusan yang sedang mencari pekerjaan dengan fasilitas layanan kesehatan yang memiliki lowongan untuk perawat. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur. Fitur utamanya adalah informasi lowongan kerja keperawatan. Para pengguna bisa langsung mendapatkan update lowongan kerja perawat yang tersedia saat ini. Pasar Kerja Perawat tidak hanya menyasar para pencari kerja, tapi juga penyedia kerja. Rumah sakit, klinik, dan penyedia kerja lainnya dapat memasang informasi lowongan kerja di aplikasi ini. Untuk penyedia yang berlangganan fitur premium, para pencari kerja bisa langsung melamar lewat aplikasi.

Terhitung sejak Desember 2020, start-up ini sudah berbadan hukum dengan nama PT. Pasar Kerja Perawat, dengan Gading Ekapuja Aurizki, S.Kep., Ns., MSc, alumni FKp UNAIR sebagai direktur. Kedepannya, Pasar Kerja Perawat tidak hanya bergerak di bidang rekrutmen dan penyedia informasi lowongan kerja, tapi juga pelatihan untuk tenaga perawat. Start-up ini sudah memiliki program BISIKAN (Bincang Asik Keperawatan), sebuah talkshow yang berfokus pada pengembangan karier perawat yang berlangsung dua pekan sekali.

Penulis: Gading Ekapuja Aurizki

Aplikasi Pasar Kerja Perawat sudah bisa diunduh di Play Store, atau kunjungi website resminya di https://pasarkerjaperawat.com/.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).