Cerita Risma Diana, Lulusan Terbaik Dokter Hewan UNAIR Periode 165

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Risma Diana, drh., Lulusan Terbaik Dokter Hewan UNAIR Periode 165. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

UNAIR NEWS – Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR) pada hari Kamis (07/01/2021) kembali mengadakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Hewan Baru Periode Ke-165. Kegiatan pelantikan dokter hewan baru kali ini terasa sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, ditengah kondisi pandemi yang sudah lebih kurang satu tahun melanda dunia, kali kedua FKH UNAIR mengadakan pelantikan secara daring.

Sebagai salah satu moment yang sangat bersejarah dan dinanti-nantikan, prosesi pengambilan sumpah dokter hewan menjadi puncak dari program pendidikan profesi dokter hewan (PPDH). Dalam kegiatan yang berlangsung khidmat tersebut, Risma Diana terpilih sebagai  lulusan terbaik di angkatannya.

Saat diwawancarai oleh tim UNAIR NEWS, Risma Diana menyampaikan bahwa Ia sangat bersyukur dapat menyandang gelar sebagai lulusan terbaik di angkatannya. Perjuangannya selama menempuh studi S1 dan PPDH tidak mudah, sebagai seorang mahasiswa Bidikmisi yang dibiayai oleh negara, Risma Diana harus pandai mengatur keuangan.

“Selama studi PPDH yang dimulai bulan September 2019, saya harus melakukan praktik kerja lapangan di beberapa daerah, yang merupakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus penuh perjuangan. Pada Maret 2020, seluruh kegiatan koasistensi dihentikan dan dilanjutkan dengan metode daring, pergantian metode ini cukup sulit diterima dan sempat membuat saya stres, terlebih karena seharusnya kegiatan koasistensi dokter hewan yang utama adalah kegiatan praktik, yang dengan daring praktik menjadi sangat minim,” ujar perempuan kelahiran  Blitar 24 tahun silam.

Selama menempuh pendidikan di FKH UNAIR, sambungnya, Risma Diana aktif dalam kegiatan organisasi dan kegiatan ekstrakulikuler sebagai penunjang softskill.

“Saya sempat menjadi staff divisi pengabdian masyarakat Forum Mahasiswa Blitar di Surabaya dan saya aktif mengikuti kegiatan ormawa hingga semester 4. Pada 2018-2019 saya menjadi asisten dosen patologi veteriner. Saya juga aktif melakukan magang ketika liburan semester, diantaranya magang di peternakan unggas, laboratorium dan klinik hewan untuk menambah skill dan mengaplikasikan materi kuliah,” tuturnya.

Perempuan yang juga mejadi lulusan terbaik Program Sarjana Periode Juni 2019 itu mengungkapkan  bahwa keberhasilannya hingga saat ini tidak lepas dari peran orang tua. 

“Peran orang tua dan keluarga dalam menempuh pendidikan ini sangat besar, keluarga selalu menjadi penyemangat saya, tempat saya kembali dan yang selalu mempercayai saya apapun yang terjadi. Ibuk dengan doa-doa baiknya untuk saya dan bapak sebagai tempat saya bersandar,” tandasnya.

Kedepan, setelah studi dan mendapat gelar dokter hewan, Risma Dianaberkeinginan untuk langsung bekerja dan bila ada kesempatan Ia ingin menempuh pendidikan lanjutan.

Untuk rekan-rekan yang sedang menempuh kuliah baik pada jenjang S1 maupun yang sedang menempuh koasistensi, Risma Diana berpesan agar tetap semangat  meskipun pandemi ini membuat seluruh pembelajaran menjadi daring dan terbatas.

“Selalu maksimalkan media yang digunakan, bila kuliah tidak cukup, tambah pengetahuan dan perbarui pengetahuan dengan webinar yang saat ini banyak diselenggarakan secara gratis. Selalu kuatkan niat untuk belajar, segera selesaikan pendidikan dan lakukan yang terbaik,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).