Menilik Dorongan Mahasiswa dalam Berwirausaha

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Jumlah penduduk kota di Surabaya sebesar 2,89 juta pada tahun 2018 (Pusat Statistik, 2019). Surabaya terkenal sebagai pusat bisnis kuliner di Indonesia, sehingga banyak cafe dan resto yang tumbuh dan berkembang di Surabaya, Surabaya bukan hanya sektor ekonomi saja, tetapi juga sektor pendidikan yang berkembang dengan baik. Ia memiliki lima perguruan tinggi negeri dan 22 perguruan tinggi swasta. Semakin banyaknya bisnis café di Surabaya menyebabkan banyak mahasiswa S1 yang tertarik dengan bisnis tersebut. Niat berwirausaha adalah motif individu untuk melakukan suatu bisnis (Chen et al., 1998).

Banyak faktor yang mempengaruhi individu untuk menjadi wirausaha, yang berasal dari kombinasi atribut diri, karakter, latar belakang, pengalaman, dan disposisi (Mcgee et al., 2009). Self-Efficacy pada wirausaha berharga untuk memprediksi motif untuk mengembangkan beberapa bisnis (Borchers & Park, 2010; Drnovšek et al., 2010). Self-Efficacy pada wirausaha melibatkan keyakinan individu yang berkaitan dengan kemampuan mereka untuk mencapai kesuksesan dalam menyelesaikan tujuan yang menantang selama proses start-up bisnis. ESE merupakan kepercayaan diri sebagai kemampuan mereka untuk berhasil dalam menjalankan suatu usaha sehingga mempengaruhi niat berwirausaha. Individu memiliki self-efficacy untuk membangun bisnis yang sukses, dan harapan ini dapat memotivasi mereka untuk menjalankan suatu bisnis (Bandura, 1994).

Metode dan Hasil

Total responden berasal dari 92 mahasiswa program sarjana pemilik bisnis kafe di Surabaya, Indonesia. Penelitian ini menguji dua hipotesis oleh smart PLS. Self-efficacy pada wirausaha memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap intensi berwirausaha. Sikap berwirausaha secara parsial memediasi hubungan antara self-efficacy pada wirausaha dengan niat berwirausaha.

Penulis: Dr. Praptini Yulianti, SE, Msi

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami: Praptini Yulianti, Evi Setyo Lestari (2020). Drivers of entrepreneurial intentions on undergraduate students.  Bussecon Review of Social Sciences, Vol. 2, Issue 2, 2020. pp 31-35

https://www.bussecon.com/ojs/index.php/brss/article/view/196/75

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).