Tiga Mahasiswa FISIP Sabet Juara 1 Lomba Debat Nasional PISN

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Lalu Ary Kurniawan Hardi, Charisma Omega Nafu dan Antonio Fernando (dari kanan ke kiri) saat mengikuti lomba debat bersama. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Tiga Ksatria Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mencetak prestasi gemilang di kancah nasional. Kali ini tim debat Trias Politica yang terdiri dari Lalu Ary Kurniawan Hardi, Charisma Omega Nafu dan Antonio Fernando berhasil meraih juara 1 Juara 1 Champion Lomba Debat Pekan Ilmu Sosial Nasional (PISN). Tak hanya itu, Lalu Ary Kurniawan Hardi juga sukses menjadi 1st Best Speaker dalam lomba debat yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta itu.

Diwawancarai oleh UNAIR News, Lalu Ary Kurniawan Hardi mengungkapkan bahwa topik bahasan di lomba debat PISN ialah mengenai isu-isu revolusi pendidikan dan digitalisasi pendidikan. Ketiga mahasiswa Ilmu Politik 2017 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR itu berhasil memenangkan kompetisi debat dan berhasil mengalahkan 23 tim lainnya yang berasal dari 17 universitas yang ada di Indonesia.

Mahasiswa yang akrab disapa Ary itu bercerita bahwa selama mengikuti rangkaian lomba PISN mereka bertiga cukup merasakan culture shock. Hal tersebut karena ada beberapa hal yang dimodifikasi dalam sistem lomba debat di PISN.

“Jadi kita cukup culture shock dan lumayan memutar otak. Tapi kami tetap bersyukur karena pada akhirnya kita bisa menjadi juara,” lanjutnya.

Menurutnya, motivasi terbesar mereka bertiga untuk berprestasi adalah ingin mengembangkan kemampuan berdebat. Sebelum mereka bertiga menjadi mahasiswa UNAIR, sebenarnya mereka sudah berpengalaman mengikuti lomba debat di SMA masing-masing.

Selain ingin mengembangkan diri, lanjutnya, mereka bertiga juga ingin membawa nama baik

UNAIR khususnya dalam bidang debat bahasa Indonesia. Kemudian alasan secara personal dari mereka adalah mereka ingin masa-masa kuliah ini tidak dihabiskan di kelas saja.

“Kami ingin masa-masa kuliah ini tidak dihabiskan di kelas saja, tetapi kita juga ingin memiliki kegiatan ekstra yang mengandung nilai bukan hanya untuk kita tetapi juga untuk universitas tercinta,” pungkasnya. (*)

Penulis :  Sandi Prabowo

Editor:  Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu