Pemberdayaan Keluarga dengan Model Kasus Peran Keluarga dan Perilaku Menyusui Eksklusif

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Halodoc.com

Pemberdayaan keluarga merupakan upaya atau proses untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemauan keluarga kemampuan mengenali, mengatasi, memelihara, melindungi, dan meningkatkan kesejahteraannya sendiri. Pemberdayaan keluarga di Perilaku ASI Eksklusif sangat diperlukan karena ASI Eksklusif merupakan masalah dunia itu mempengaruhi morbiditas dan mortalitas bayi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan keluarga dengan model CASE pada peran dan keluarga perilaku menyusui eksklusif.

Jenis penelitian eksperimental quasy dengan membagi dua kelompok eksperimen yaitu perlakuan kelompok dan kelompok kontrol. Kedua kelompok dimulai dengan pre-test, dan setelah perlakuan diukur lagi (post-test). Analisis statistik menggunakan analisis multivarian kovarian (Manacova) untuk menguji apakah terdapat perbedaan perlakuan sekelompok variabel dependen setelah disesuaikan pengaruhnya variabel perancu.

Untuk hasil pre-test: pemberdayaan keluarga terhadap peran keluarga diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,229 dan perilaku Pemberdayaan Keluarga terhadap ASI Eksklusif diperoleh nilai signifikansi 0,710 sehingga lebih besar dari 0,05 artinya tidak ada hubungan linier antara pemberdayaan keluarga dengan peran keluarga dan perilaku menyusui eksklusif. Untuk hasil post-test: pemberdayaan keluarga pada peran keluarga memperoleh nilai signifikansi 0,000 dan pemberdayaan keluarga terhadap perilaku ASI eksklusif diperoleh nilai signifikansi 0,000 jadi lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat hubungan linier dalam keluarga pemberdayaan dengan peran keluarga dan perilaku menyusui eksklusif.

Interaksi antara pemberdayaan keluarga dan promosi susu formula pada peran keluarga diperoleh nilai signifikansi 0,000 sehingga bernilai lebih kecil dari 0,05, artinya ada pengaruh pemberdayaan keluarga dan promosi formula susu untuk peran keluarga. Interaksi antara pemberdayaan keluarga dan promosi susu formula pada Perilaku pemberian ASI Eksklusif diperoleh signifikansi nilai 0,000 sehingga lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh pemberdayaan keluarga dan promosi susu formula pada ASI eksklusi tingkah laku. Pemberdayaan keluarga dengan model CASE bisa meningkatkan peran keluarga dalam mendukung eksklusif perilaku menyusui. Pemberdayaan keluarga bisa meningkatkan fungsi keluarga yang akhirnya bisa membuat keluarga mandiri.

Pemberdayaan keluarga adalah salah satu bentuk dukungan keluarga untuk ibu hamil agar ibu dapat menyusui secara eksklusif setelah melahirkan. Faktor yang mempengaruhi niat ibu untuk menyusui adalah pengetahuan, kepercayaan (stigma tentang menyusui), dan dukungan keluarga (suami, ibu, anggota keluarga, dan kerabat). Faktor-faktor ini mempengaruhi kelanjutan menyusui di bulan pertama pascapartum. Dukungan keluarga terpenting adalah dukungan masing-masing anggota keluarga (suami/ibu/ibu mertua), sebagai serta kerabat lainnya yang tinggal dalam satu rumah, yang bisa berdampak pada awal inisiasi dan durasi menyusui. Kebutuhan ibu menyusui dukungan informasional, dukungan penilaian, instrumental dukungan, dan dukungan emosional dari keluarga (ibu/ibu mertua) untuk meningkatkan menyusui. Pemberdayaan keluarga artinya memberikan ilmu, memahami dan mempraktikkan materi dalam keluarga buku panduan. Buku panduan keluarga berisi banyak hal terkait peran keluarga, perilaku menyusui, tahapan menyusui, kondisi yang sering ditemui pada menyusui, dan ASI susu. Setelah diberikan materi dalam buku panduan dan mempraktikkannya, diharapkan keluarga dapat memotivasi dan mendukung kehamilan wanita untuk menyusui secara eksklusif.

Pemberdayaan keluarga dengan model CASE merupakan bentuk dukungan ibu untuk memberikan ASI eksklusif. Hal tersebut dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memotivasi dan mendukung ibu hamil agar memiliki niat untuk menyusui secara eksklusif sejak kehamilan.

Penulis: Budi Santoso, Nurul Pujiastuti

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di: https://www.indianjournals.com/ijor.aspx?target=ijor:ijphrd&volume=10&issue=10&article=197

Nurul Pujiastuti, Budi Santoso, Shrimarti Rukmini Devi, Merryana Adriani, Risa Etika (2019), Family Empowerment with the Case Model on the Role of the Family and Exclusive Breastfeeding Behavior. Indian Journal of Public Health Research & Development, October 2019, Vol. 10, No. 10

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu