BEM FKG UNAIR Kembali Adakan Airlangga Dentistry Scientific Meeting yang Ketujuh Kalinya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Potret suasana webinar 7thAirlangga Dentistry Scientific (ADS) Meeting 2020 saat Yusuf Bagus Pamungkas, drg., Sp.KG., memaparkan materinya. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – 7thAirlangga Dentistry Scientific (ADS) Meeting 2020 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh BEM FKG UNAIR. Kegiatanyang ditawarkan oleh 7th ADS Meeting 2020 adalah berupa perlombaan dan webinar ilmiah. Tema yang diusung oleh ADS tahun ini adalah “Innovative Ideas and Approaches in Dental Science”. Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan dari awal September hingga akhir November 2020.

Untuk menilik detail perlombaan ini lebih lanjut, tim redaksi memutuskan untuk mewawancarai Haykal selaku Ketua Panitia 7th ADS Meeting 2020. Haykal Miftah menuturkan bahwa terdapat tiga jenis perlombaan yang diadakan oleh ADS, yaitu International Research Competition, National Literature Review Competition dan Public Poster Competition.

“Kegiatan perlombaan ADS Meeting ini memang diselenggarakan tiap tahunnya untuk menjadi wadah bagi mahasiswa dalam menuangkan gagasan keilmuan menjadi suatu karya, mengingat keilmiahan sangat lekat dengan mahasiswa maka kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa di bidang karya tulis ilmiah tidak hanya pada mahasiswa kesehatan se-Indonesia tapi juga Internasional,” ungkapnya.

Dalam lomba paper berskala internasional yaitu International Research Competitionyang bertemakan “Cellular and Molecular Approaches in Dental Science” dimenangkan oleh Esther Kok Sook Kuan dari International Medical University Malaysia setelah memenangkan babak final dengan format tanya jawab dengan dewan juri. Medali emas untuk perlombaan National Literature Review Competitionyang mengusung tema “Novel Therapies in Dental Science” disabet oleh tim Irma Istiqamah dari Universitas Brawijaya. Sedangkan untuk lomba poster publik yang bertemakan “Oral Cavity as the Representative of Healthy Body” dimenangkan oleh tim Rabiatul Na Fatin dari Universitas Sumatera Utara.

ADS Meeting 2020 juga menghadirkan kegiatan webinar yang dibagi menjadi dua sesi pada 28-29 November 2020. Materi sesi pertama disampaikan oleh Andy Wirahadikusumah, drg., Sp. Pros., dengan topik “Removable Denture For Emergency One Visit Case in Covid-19 Situation” dan Yusuf Bagus Pamungkas, drg., Sp.KG., dengan topik “Discover Biomimetic Direct Veneer in New Normal Era”. Sedangkan sesi kedua disampaikan oleh Dr. Agung Krismariono, drg., M.Kes., Sp. Perio(K)., dengan topik “The Importance of Maintaining Periodontal Health in Pandemic Era” dan Griya Ridha Raharja, drg., dengan topik “The Importance of Dental Photography in Smile Design”. Seluruh peserta Webinar ADS Meeting 2020 mendapatkan fasilitas SKP PDGI, rekaman materi yang disampaikan, dan goodie bag Bantex sebagai doorprize bagi peserta yang beruntung.

“Alhamdulillah Webinar ADS Meeting 2020 sesi pertama dan sesi kedua berjalan dengan sukses dan terimakasih atas antusiasme dari 627 peserta dalam mengikuti webinar kami. Seminar tahun ini memiliki konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu memanfaatkan teknologi tanpa perlu tatap muka untuk mengadakan seminar. Harapan kami, hal ini mampu mengurangi kekhawatiran yang selama ini dirasakan sejawat dokter gigi ataupun mahasiswa klinik,” tutup Ketua Pelaksana 7th ADS Meeting 2020 Haykal Miftah.

Penulis: Pradnya Wicaksana

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu