Dosen FKH UNAIR Laksanakan Pengmas di Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto kegiatan Penyerahan Masker ke Kelurahan Jambangan Surabaya. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS –  Covid-19 (Corona virus disease-19) yang disebabkan oleh SARS- Cov-2 telah menyebar ke seluruh dunia. Berbagai cara telah ditempuh untuk menghentikan dan mengendalikan penyebaran virus termasuk di dalamnya yaitu lockdown, social distancing, sering cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, penggunaan hand sanitizer dan desinfeksi lingkungan dengan penyemprotan massal. Penerapan kebijakan tersebut diberlakukan di semua  sektor kegiatan aktifitas masyarakat, di perkantoran, pasar, masjid, sekolahan, perguruan tinggi, pedesaan, pariwisata, bandara, stasiun, plaza serta agen perjalanan.

Untuk mendukung upaya tersebut, dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UNAIR pada beberapa waktu yang lalu telah melaksanakan program pengabdian masyarakat di Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Jambangan Kecamatan Jambangan Surabaya dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 “. Kegiatan pengmas ini diinisiasi oleh Dr. Jola Rahmahani, M.Kes.,drh dan Prof. Dr. Fedik Abdul Rantam, drh.

Saat dimintai keterangan oleh tim UNAIR NEWS pada Minggu (29/11), Dokter Jola menyampaikan bentuk kegiatan pengmas ini berupa pemberian paparan tentang Covid-19 bagaimana penularan dan penyebarannya serta bagaimana mengatasi diri sendiri dan orang dilingkungan sekitarnya demi keselamatan dari wabah Covid-19.

Selain itu, tambahnya, juga dilaksanakan pemberdayaan masyarakat bagaimana cara membuat masker yang merupakan salah satu syarat alat pelindung diri untuk mencegah penularan Covid-19. Dan di sisi lain dengan masyarakat bisa membuat masker sendiri bisa menghemat pengeluaran dan justru bisa menambah penghasilan ibu rumah tangga dari penjualan produk masker di masa pandemi covid

“Pada pelaksanaan ini semua peserta diberikan soal pre test dan post test dimana soal pre test dijawab sebelum mendengarkan paparan materi secara online, sementara soal post test dijawab setelah paparan materi selesai. Materi yang disajikan adalah pertama paparan tentang virus Covid 19, Paparan kedua tentang bagaimana pencegahan terhadap Covid-19, dan paparan yang terakhir pemberdayaan kepada masyarakat bagaimana cara membuat masker dari kain yang benar untuk mencegah penularan Covid-19. Pembuatan masker kain ini telah ditunjukkan dengan pemutaran video pembuatan masker kain,” papar Dokter Jola.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan berupa masker kepada masyarakat di Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya.

“Dengan adanya Pengabdian Kepada Masyarakat tentang Covid-19 ini, diharapkan masyarakat Jambangan semakin mengerti dan memahami tentang bahaya virus Covid-19 serta mengetahui dan paham pentingnya protokol kesehatan terhadap Covid-19, bagaimana pencegahan terhadap Covid-19 yaitu Penggunaan Masker, Cuci Tangan, dan jaga jarak antar individu,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu