Pameran Perguruan Tinggi Taiwan Terbesar Digelar Secara Virtual

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor Universitas Airlangga Prof Moh Nasih saat memberikan sambutan dalam acara Taiwan Online Higher Education Fair, pada Sabtu (21/11/2020). (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Untuk kedua kalinya pada 2020, Taiwan Online Higher Education Fair kembali digelar. Tepatnya pada Sabtu (21/11/2020) disiarkan langsung melalui website taiwanedufair.com. Agenda pameran perguruan tinggi Taiwan terbesar yang digagas oleh Taiwan Education Center in Surabaya yang berlokasi di Universitas Airlangga itu membuka kesempatan kuliah di Taiwan bagi pelajar Indonesia.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Pendidikan Dr. Mon-Chi Lio menerangkan, Taiwan menawarkan pendidikan tinggi yang sangat berkualitas. Seperti diketahui, Taiwan memiliki sistem pendidikan dan teknologi yang jauh lebih maju di antara negara-negara lain di Asia.

“Sebanyak 38 universitas di Taiwan telah terdaftar dalam World University Ranking. Serta 12 universitas termasuk dalam barisan 500 teratas QS World University Ranking,” tekannya.

Selain itu, di bawah kebijakan New Southbound Policy, Pemerintah Taiwan juga menawarkan beragam beasiswa. Dalam tiga tahun terakhir, sejumlah 152 dosen dari Indonesia menerima subsidi beasiswa untuk melanjutkan studi S2 dan S3 di Taiwan.

“Kami memberikan lebih banyak beasiswa pengayaan Huayu bagi pelajar Indonesia untuk belajar bahasa Mandarin dan budaya Taiwan,” ujarnya.

Sementara itu, data dari Kementerian Pendidikan Taiwan mengungkapkan bahwa jumlah pelajar Indonesia yang studi lanjut di Taiwan meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Pada 2019, terdapat 13.907 pelajar Indonesia yang menempuh studi di Taiwan.

“Dengan banyaknya dukungan beasiswa studi ke Taiwan, diharapkan pelajar Indonesia yang studi lanjut ke Taiwan akan terus bertambah secara bertahap setiap tahunnya,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA memberikan sambutan. Menurut Prof Nasih, internasionalisasi menjadi aspek yang krusial dalam proses peningkatan kualitas pendidikan. Untuk itu, Universitas Airlangga tidak pernah berhenti memperluas aktivitas akademik dengan berbagai universitas di dunia, termasuk berbagai perguruan tinggi di Taiwan.

Melalui kolaborasi dengan Taiwan Education Center di Surabaya, Prof Nasih berharap kerja sama antara Indonesia dan Taiwan dalam bidang pendidikan tetap terjalin dengan baik.

“Semoga Taiwan Higher Education Fair dapat terus diselenggarakan pada tahun-tahun berikutnya dan dapat menjaring lebih banyak peserta dari berbagai belahan dunia,” ungkap Rektor Universitas Airlangga itu.

Sebagai informasi, perguruan tinggi yang berpatisipasi dalam Taiwan Higher Education Fair kali ini meningkat dari 27 universitas di Juni 2020 lalu, menjadi 41 universitas. Sebanyak 26 di antaranya adalah perguruan tinggi vokasi.

Beberapa universitas yang berpartisipasi di antaranya adalah Asia University, National Taiwan University, National Taiwan Normal University, National Chengkung University, dan National Dong Hwa University. Tidak hanya itu, ada pula National Taiwan University of Science and Technology, National Chin Yi University of Technology, dan National Yun Lin University of Science and Technology.

Perlu diketahui, seluruh perguruan tinggi di Taiwan telah berusaha menyediakan fasilitas kampus serta musala bagi pelajar Muslim. “Kami berharap langkah-langkah ini dapat mendorong lebih banyak pelajar Indonesia untuk belajar di Taiwan,” harap Mon-Chi Lio. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu