Suplementasi Ekstrak Daun Arabian Sebagai Bahan Pengencer terhadap Kualitas Semen Sapi Bali

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Kompasiana.com

Upaya peningkatan populasi sapi Bali terus dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan penerapan teknologi reproduksi. Inseminasi Buatan (IB) merupakan teknologi reproduksi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan AI  antara lain keterampilan petugas inseminator, deteksi birahi, kondisi organ reproduksi betina serta kualitas semen yang digunakan.

Semen dapat mengalami penurunan kualitas termasuk motilitas sperma. Penurunan kualitas semen dapat terjadi akibat  proses koleksi semen dan berlanjut pada tahap pengolahan. Kualitas semen yang rendah akan berdampak pada rendahnya tingkat pembuahan, sehingga diperlukan upaya untuk menjaga kualitas semen. Stres Oksidatif selama proses pengolahan semen beku menyebabkan penurunan kualitas semen beku.

Beberapa bahan aktif dalam daun jujube arab diduga berfungsi sebagai antioksidan alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi ekstrak daun Arabian jujube (Ziziphus spina Christy) terhadap motilitas sperma dalam upaya menjaga kualitas semen sapi Bali. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Reproduksi Hewan; Unit Pengolahan Semen, Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin, Makassar. Ekstrak daun Arabian jujube ditambahkan kedalam pengencer pada tiga perlakuan berbeda; P1 (1%), P2 (3%), P3 (5%) dan P0 (kontrol).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motilitas sperma setelah pemberian pengencer dengan ekstrak daun Arabian  jujube. Motilitas sperma sapi Bali pada konsentrasi 5% selama lima hari ekuilibrasi pada suhu 5oC masing-masing lebih tinggi dari 3%, 1%, dan kontrol (50,0 vs 48,7, 43,8, dan 46,3%). Dapat disimpulkan bahwa suplementasi ekstrak daun Arabian jujube pada pengencer dapat menjaga kualitas semen sapi Bali.

Penulis: Prof. Dr. Widjiati, drh.,M.Si

Informasi detail dari riset ini dapat diakses pada laman berikut: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/492/1/012079

Sahiruddin, Widjiati, A L Toleng, M Yusuf dan Masturi. 2020. Supplementation of Arabian jujube (Ziziphus spina Christi) leaf extracts as extender material on the quality of Bali bull semen. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 492 012079. doi:10.1088/1755-1315/492/1/012079.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu