Meningkatkan Kapasitas Inovasi pada Bisnis Start Up

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Liputan6.com

Kapasitas inovasi merupakan faktor penting dalam memajukan pertumbuhan ekonomi negara yang dicapai melalui tenaga kerja, teknologi, dan modal. Kapasitas inovasi mendorong para pelaku bisnis untuk menghasilkan produk yang dapat memberikan manfaat ekonomis. Dengan kapasitas inovasi yang melekat pada para pelaku bisnis, produk yang dihasilkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi sehingga menciptakan daya saing di dunia usaha. Dalam cakupan yang lebih luas, jika penerapan kapasitas inovasi kepada pelaku usaha dapat menjelaskan bahwa inovasi dan kreativitas berpengaruh positif terhadap daya saing suatu produk, hal ini dapat memberikan keuntungan bagi produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha untuk persaingan usaha dalam lingkungan pasar. Mereka bersaing secara global (Zhao & Li, 2018).

Globalisasi yang semakin mempengaruhi para pelaku usaha, termasuk pelaku usaha kecil dan menengah, telah mengubah lingkungan usaha menjadi lebih kompetitif. Pelaku bisnis harus lebih memiliki Orientasi Pasar untuk menghasilkan peluang baru untuk kinerja yang unggul dan berkelanjutan (Buli, 2017). Pelaku usaha terus berupaya untuk memaksimalkan hasil dari produk yang dihasilkannya dan meminimalisir kelemahan pelaku usaha agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lain. Tindakan inovasi, strategi bersaing, dan orientasi pasar merupakan solusi yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan dari pelaku usaha lain (Buli, 2017).

Kunci sukses bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat terletak pada kemampuan para pelaku bisnis untuk mengembangkan keunggulan suatu produk. Moecke dkk. (2019) berpendapat bahwa keunggulan produk merupakan faktor esensial yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Lee dkk. (2019 mengatakan keberhasilan pelaku usaha dalam memantau penjualan produknya terletak pada strategi atau pemahaman inovatif dengan melihat Orientasi Pasar dan keunggulan kompetitif yang unggul. Perkembangan inovatif dan Orientasi Pasar merupakan beberapa komponen yang dapat mendorong terciptanya keunggulan kompetitif. Orientasi dan inovasi pasar) juga dapat digunakan sebagai faktor untuk mendapatkan keunggulan bersaing dengan pelaku usaha lain (Kwak, 2013) .Secara umum konsumen lebih menyukai produk yang inovatif sesuai dengan kebutuhannya.Pengusaha menggunakan inovasi, artinya pelaku usaha tersebut selangkah lebih maju dari pelaku usaha lainnya.

Orientasi kewirausahaan merupakan proses yang melibatkan terciptanya suatu strategi yang merepresentasikan kebijakan untuk melaksanakan praktik yang dapat diterapkan dalam proses tindakan dan keputusan untuk melakukan kegiatan kewirausahaan (Buli, 2017). Langkah bisnis yang berani untuk mengambil risiko sangat penting dalam mempertahankan usaha bisnis (Kwak et al., 2013). Orientasi kewirausahaan merupakan suatu proses dalam suatu usaha usaha yang dilakukan dalam bersaing dengan pesaing usaha lain (Kwak et al., 2013). Musthofa (2017) menunjukkan bahwa wirausaha memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kapasitas inovasi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa inovasi suatu produk dapat tercipta dengan baik apabila wirausahawan melaksanakan orientasi kewirausahaan dengan baik karena pengetahuan dan pengalaman wirausahawan dapat dijadikan acuan untuk menciptakan inovasi dalam suatu produk. Dengan orientasi kewirausahaan, pengusaha dapat meningkatkan kapasitas inovasi suatu produk secara signifikan. Pengusaha harus mampu mengidentifikasi peluang orientasi kewirausahaan yang ada. Dalam orientasi kewirausahaan, pengusaha dapat mengelola risiko dengan baik untuk meningkatkan inovasi produk.

Dalam penerapan dan implementasinya, inovasi dapat diterapkan dalam berbagai aspek bisnis dan organisasi. Dalam hal ini inovasi juga sangat terbuka untuk dilakukan di perusahaan start up. Perusahaan rintisan, atau dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai perusahaan rintisan, adalah istilah yang mengacu pada perusahaan yang sudah lama tidak berjalan atau beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar baru didirikan dan sedang mengembangkan serta meneliti untuk menemukan pasar yang tepat (Rasmussen & Tanev, 2015). Dalam studi literaturnya, Garidis dan Rossmann (2019) menyimpulkan bahwa start-up adalah organisasi yang dirancang untuk model bisnis yang dapat direplikasi dan diperbesar. Ia melanjutkan, sebuah perusahaan dapat menjadi start up jika tidak memiliki jaringan yang kuat, luas, dan luas di pasar serta masih memiliki sumber daya yang terbatas untuk mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, bisnis start up sangat bergantung pada kekuatan kemitraan dengan investor dan mitra mapan (rekanan yang ditemukan) yang akhirnya menjadi mitra koperasi. Menurut Ireland (2015), bisnis start-up umumnya berusia tidak lebih dari enam tahun.

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan penelitian tentang pengaruh orientasi pasar terhadap kapasitas inovasi, dengan orientasi kewirausahaan pada usaha rintisan kedai kopi di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling dengan 110 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS), dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kapasitas inovasi, orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap orientasi kewirausahaan, orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kapasitas inovasi. , dan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kapasitas inovasi. Kapasitas inovasi melalui orientasi kewirausahaan.

Penulis: Prof. Dr. Anis Eliyana, S.E., M.Si.

Artikel selengkapnya dapat diunduh pada: http://www.sysrevpharm.org//index.php?mno=9847

Roy Setiawan, Anis Eliyana, Tatik Suryani, Hendro Prayitto (2020) The Effect of Market Orientation on innovation Capacity through Entrepreneurial Orientation at Business Start-up Coffee Shop in Indonesia . Systematic Reviews in Pharmacy, 11 (11), 298-305. doi:10.31838/srp.2020.11.44

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).