Dampak Besar Penggunaan Siwak dalam Kesehatan Mulut

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh dokter sehat

Siwak merupakan jenis tongkat kunyah atau sikat gigi tradisional yang digunakan sejak zaman dahulu hingga sekarang, untuk menjaga kebersihan rongga mulut dan menghilangkan bau nafas yang tidak sedap. Saat ini, siwak masih banyak digunakan oleh masyarakat di Timur Tengah, Asia, Afrika, dan Amerika Selatan, meskipun penggunaan sikat gigi modern sangat mudah.Sebagaimana diketahui bahwa, tongkat kunyah siwak memiliki efek menguntungkan terkait dengan perawatan kesehatan gigi dan kebersihan mulut, karena reaksi mekanis seratnya serta efek terapeutik dari berbagai unsur fitokimia yang terkandung di dalam siwak.

Hal inilah yang mendasari tim peneliti Universitas Airlangga untuk melakukan studi literatur. Khususnya untuk studi literatur ini, ingin meninjau tentang dampak besar pada penggunaan siwak dalam kesehatan mulut.Dalam kenyataannya, secara mekanis siwak memiliki potensi tinggi dibandingkan dengan sikat gigi biasa dalam mengurangi plak, sehingga menjadikannya sebagai alternatif yang ideal untuk alat kebersihan mulut. Kemudian berdasarkan studi literatur ini, banyak sekali dampak berharga dari siwak dalam menjaga kesehatan mulut dan pencegahan penyakit mulut. Dengan adanya studi literatur ini, diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang dampak besar pada penggunaan siwak untuk kesehatan mulut. Sehingga diharapkan pada studi selanjutnya, dapat melengkapi kekurangan pada studi ini.

Penulis: Tim Peneliti

Link jurnal terkait tulisan di atas: Qaid HR, Aljunaid M, Sinaredi BR, Setyowati D, Bramantoro T. Mechanical and phytochemical composition in Miswak (Salvadora Persica): Little things big impact. Biochem Cell Arch. 2020;20:3097–100.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu