HIMANIS Ajak Mahasiswa Pahami Metode Pemeriksaan Sampel Medis

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PELAKSANAN webinar SELULOSA x SINUS, Minggu (11/10/2020) kemarin. (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Sebagai garda terdepan pemeriksaan dan persiapan sampel pasien, lulusan D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) harus memiliki wawasan yang luas. Guna menambah pengetahuan mengenai sejumlah metode pemeriksaan sampel medis, Hima Prodi D3 TLM Fakultas Vokasi UNAIR mengadakan kegiatan Study Excursion Medical Laboratory Technology of Airlangga (SELULOSA). Kegiatan itu dilaksanakan secara virtual pada Minggu, (11/10/2020) kemarin.

Ketua pelaksana kegiatan Salma Nafisha mengatakan, agenda studi ekskursi itu seharusnya berupa kunjungan ke laboratorium di luar kampus. Namun tidak dapat terlaksana karena Pandemi Covid-19. Meskipun demikian, lanjut Salma, kegiatan itu tetap dilakukan secara online melalui webinar. “Webinar ini dapat menambah pengetahuan perihal pemeriksaan sampel medis di pusat layanan kesehatan,” ungkap Salma.

Mahasiswa angkatan 2018 itu menuturkan, mahasiswa sebagai calon Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM) perlu memiliki kemampuan mendasar operasional di setiap metode pemeriksaan sampel medis. Sebab, sambungnya, wawasan dalam pengoptimalisasi operasional diagnosis dapat meningkatkan mutu dan kualitas ATLM.

Oleh karena itu, selama webinar berlangsung peserta diberikan pemaparan mengenai tata laksana pemeriksaan sampel medis dalam mewujudkan pelayanan premium dan drug test dalam screening sampel urin. Kedua materi tersebut disampaikan oleh Wonita Rachmawati, Amd. Kes dan Evita Oktavia, AMd.

Menurut Salma, tahapan penanganan sampel dalam proses pemeriksaan sampel sangat penting. Dia melanjutkan, jika penanganan sampel dilakukan secara tepat, maka hasil pemeriksaan yang didapat juga akurat.

“Pemateri juga saling sharing pengalaman dengan peserta webinar, sehingga pemamaparan materi tidak terkesan monoton. Selain itu pemateri juga memberikan beberapa tips tentang penanganan hingga pemeriksaan sampel,” katanya.

Dalam webinar tersebut hadir Kaprodi D3 Teknologi Laboratorium Medis Diah Puspita Rini, dr.,Sp.PK.; dan Pembina Hima D3 Teknologi Laboratorium Medis Aliyah Siti Sundari, S.Si.,M.Si. Selain itu, seluruh anggota Hima D3-Teknologi Laboratorium Medis juga antusias menghadiri acara tersebut. Total, sebanyak 70 peserta terlihat meramaikan kegiatan itu.

“Peserta sangat antusias mengikuti webinar, mahasiswa Semester 5 yang saat ini sedang menjalani PKL di beberapa rumah sakit di daerah masing-masing,” pungkasnya.

Pada pelaksanaannya kali ini, agenda SELULOSA dirangkap dengan acara Profession and Business (SINUS). Yaitu kuliah tamu serta sharing alumni D3 TLM. Materi yang dijelaskan pada gelaran SINUS adalah strategi pelayanan jasa kesehatan di era pandemi. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty Editor: Binti Q. Masruroh asnya.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu