Prodi D3 Paramedik Veteriner Lakukan Pelatihan Pembuatan Bolus Temulawak Herbal Di Desa Selogabus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Prodi D-III Paramedik Veteriner Departemen Kesehatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Selogabus Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Tema dari pengmas kali ini adalah pelatihan pembuatan bolus temulawak herbal bagi peternak rakyat di Desa Selogabus.

Sebagian besar peternak di Desa Selogabus adalah seorang petani sehingga banyak ternak sapi potongnya yang masih diberikan pakan jerami padi. Edukasi kepada para peternak sangat dibutuhkan terkait dengan pengolahan pakan yang mencukupi nilai ternak.

Bolus Temulawak Herbal merupakan bahan tambahan yang murah, mudah dibuat, dan dapat disimpan dalam waktu yang lama di tempat kering serta dapat sebagai penambah nafsu pakan ternak dan obat cacing.  Pengmas ini dilakukan pada bulan September 2020. Dalam masa pandemi Covid-19,  Pengmas yang diikuti oleh 20 peserta tersebut terbagi menjadi dua grup dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatakan kesejahteraan dan pendapatan peserta pengmas dalam hal ini adalah peternak rakyat di Desa Selogabus Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban dengan teknologi pengolahan pakan Bolus Temulawak untuk ternak sapi potong.

Kelebihan dari Bolus Temulawak adalah mempunyai gizi yang tinggi, cara pemberian yang praktis dan mudah, menambah nafsu makan, dan dapat digunakan sebagai obat cacing. Aplikasi pemberian Bolus Temulawak ini adalah 500 gram/hari.

Kesehatan reproduksi juga menjadi salah satu nilai produktivitas dari sapi potong sehingga pada pengmas ini, peserta diberikan alih pengetahuan terkait kesehatan reproduksi. Antusiasme peserta dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan sharing pengalaman. 

Di samping itu, peserta juga diberikan transfer informasi terkait dengan pengetahan umum Covid-19. Idrus Rasyidi, SE. Kepala Desa Selogabus menyampaikan bahwa kegiatan pengmas ini sangat dibutuhkan, berguna, dan bermanfaat bagi masyarakat karena mayoritas penduduknya adalah petani dan peternak. Peserta pengmas ini adalah Kelompok Ternak di Selogabus. (*)

Penulis : Siti Eliana Rochmi Editor: Binti Q. Masruroh 

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).