Bagaimana Robot Sepak Bola Mengetahui Bolanya?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Liputan6.com

Pertandingan Robot Sepak Bola secara rutin digelar oleh Kemenristek DIKTI dari tahun ke tahun melalui Kontes Robot Indonesia (KRI). Beberapa divisi perlombaan robot yang dipertandingkan salah satunya adalah Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) beroda. Tiap tim yang bertanding harus menyiapkan tiga robot yang terdiri dari satu robot penjaga gawang, dan dua robot sebagai penyerang. Semua robot bekerja secara otomatis untuk bisa mencari, menggiring, merebut, menendang dan bahkan menghalau bola. Tujuannya hanya satu, yaitu memenangkan pertandingan layaknya piala dunia.

Tentu saja, salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap robot adalah mampu mengenali mana bolanya. Layaknya manusia, kamera pada robot berfungsi sebagai mata dan mini PC sebagai otaknya, kualitas kamera dan mini PC ikut menentukan kinerja robot. Cara berfikir manusia dalam mengenali bola inilah yang diajarkan kepada robot melalui bahasa program, metode ini terkenal dengan sebutan “Artificial Intelligence” atau kecerdasan buatan.

Untuk bisa mengenali bola, maka perlu tahap pelatihan. Pada tahap pelatihan, robot dikenalkan berbagai macam posisi bola, mulai dari bola pada jarak dekat, jarak jauh, bola yang tertutup sebagian bahkan jika ada benda lain yang memiliki warna sama dengan bola.

Tahap berikutnya adalah menguji, seberapa efektif latihan dalam mengenali bolanya, dengan cara memberikan gambar bola yang sebelumnya belum pernah dilatihkan pada robot. Apabila hasil pengujian menunjukkan akurasi yang tinggi, maka robot dinyatakan siap untuk bisa mengenali bola, sebaliknya jika tidak, maka ada evaluasi lanjutan untuk meningkatkan akurasi.

Dengan demikian untuk membuat robot yang mampu mengenali bola disamping kebutuhan perangkat yang handal, juga kecerdasan buatan yang ditanamkan pada robot harus mampu bekerja dengan akurasi tinggi.

Penulis: Winarno, M.T.
Informasi detail dari tulisan ini dapat dilihat pada: http://journal.uad.ac.id/index.php/TELKOMNIKA/article/view/15009

(Object detection for KRSBI robot soccer using PeleeNet on omnidirectional camera)

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu