Kukuhkan Maba Pascasarjana, Rektor Tekankan Nilai HEBAT dan Excellence with Morality

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Prosesi Pengukuhan Mahasiswa Baru Pascasarjana oleh Rektor UNAIR Prof. Nasih di Aula Garuda Mukti Kampus C. (Foto: Agus Irwanto)

UNAIR NEWS – Meski dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai, Universitas Airlangga tetap melakukan Pengukuhan Mahasiswa Baru Program Doktor, Magister, Spesialis, dan Profesi semester ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Selain dikukuhkan secara online, beberapa perwakilan mahasiswa baru juga dikukuhkan di Aula Garuda Mukti Kampus C pada Jumat (4/9).

Dalam kesempatan yang bersejarah itu, Prof. Nasih membuka sambutan dengan memberikan ucapan selamat serta mengajak seluruh peserta untuk bersyukur. Utamanya, bersyukur atas nikmat sehat. Mengingat, tandas Prof. Nasih, dalam konidis pandemi seperti sekarang, tentu kesehatan menjadi salah satu hal yang menjadi prioritas utama.

“Selain itu, kita juga harus bersyukur atas nikmat untuk memulai proses perjalanan baru menjadi akademisi yang akan bersiap memuali menuntut ilmu di UNAIR. Sekali lagi selamat,” ungkap Prof. Nasih.

Prof. Nasih juga menegaskan bahwa pemilihan UNAIR menjadi tempat untuk belajar merupakan satu hal yang tepat. Untuk itu, mahasiswa harus bersiap untuk merampungkan dengan segala konsekuensinya. Artinya, seluruh civitas akademika harus bersiap untuk mengikuti segala proses yang sudah dintentukan oleh UNAIR.

“Karena kuliah di jenjang S2 dan S3 bukan lagi dalam proses yang mudah dan untuk enak-enak saja. Proses pendidikan di sini, tidak sekadar belajar tetapi interaksi dalam banyak hal harus diikuti dengan sebaik-baiknya,” tutur Prof. Nasih.   

Segala proses yang sudah ditentukan, lanjut Prof. Nasih, dibuat agar seluruh civitas ke depan bisa mencapai sebuah tujuan yang membanggakan. Salah satunya, menjadi magsiter dan doktoral yang selalu berpegang teguh pada Excellence with Morality.

“Tidak lupa pula, proses yang akan ditempuh juga diharapkan mampu melahirkan lulusan yang HEBAT. Humble-Honestly; Excellent; Brave; Agile; dan Transcendents,” jelasnya.

Selain menekankan nilai Excellence with Morality dan HEBAT, Prof. Nasih juga menyinggung perihal kondisi Covid-19 di Indonesia yang masih belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Menurutnya, dalam kondisi pandemi pembelajaran di UNAIR dimungkinkan akan tetap berlangsung secara online selama satu semester ke depan.

“Untuk itu, dalam menjalankan studi ke depan, proses interaksi dan komunikasi menjadi salah satu kunci untuk kesuksesan kita semua. Mari, kita tata niat dan diri kita untuk mengikuti proses pendidikan dengan baik dan memegang nilai nilai Excellence with Morality dan HEBAT,” pungkasnya.

Sebelum menutup sambutan, rektor juga menyapa beberapa mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari mahasiswa dari Gorontalo, Makassar, Kupang, bahkan yang berada dalam perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu