Kelompok KKN Desa Rahayu Ajak Warga Ciptakan Pakan Unggul Bagi Ternak Guna Sambut Idul Adha

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pembagian Suplemen UMMB kepada Peternak di Desa Rahayu (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas pakan ternak di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Tuban, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Airlangga (UNAIR) memberikan wawasan para peternak dengan pemahaman dan pengetahuan mengenai pembuatan pakan ternak ruminansia berupa suplemen atau pakan tambahan yang disebut Urea Mineral Molasses Blok (UMMB).

Oky Sapto Mugi sebagai selaku ketua dari Kelompok KKN menungkapkan bahwa, program kerja yang dilaksanakan pada Senin, (20/7/2020) tersebut dilatarbelakangi oleh setidaknya ada lima sapi milik warga setempat yang mati mendadak dalam tiga bulan terakhir.

“Dengan adanya kejadian tersebut kami berpikir untuk memberikan pakan ternak khusus yang dibuat dengan bahan-bahan yang telah teruji dan proporsional,” ujar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR tersebut.

Kemudian Oky juga menuturkan bahwa dalam program kerja tersebut para mahasiswa terjun langsung untuk memberikan sosialisasi dengan pelatihan dan pembuatan secara langsung suplemen UMMB ini kepada peternak setempat, serta hasil dari pembuatan suplemen UMMB ini langsung dibagikan kepada peternak di Desa Rahayu.

“Pembuatan suplemen UMMB ini dibuat melalui proses pencampuran bahan seperti tetes tebu dan urea yang dicampur dengan garam dan air serta ditambahkan bahan lainnya seperti dedak kemudian diaduk sampai rata dan semua bahan tersebut dimasukkan kedalam paralon dan botol bekas. Setelah proses cetakan, suplemen UMMB dapat diberikan pada ternak sehari satu atau dua kali,” jelas Oky.

Oky juga menjelaskan manfaat dari pemberian suplemen UMMB ini guna memenuhi gizi bagi pertumbuhan dan perkembagan ternak mengingat juga dalam waktu dekat akan ada Hari Raya Idul Adha, sehingga pemberian suplemen UMMB ini sangat dibutuhkan para peternak.

Pemberian sosialisasi ini disambut dengan baik oleh para peternak, hal itu dibuktikan dengan hasil pengamatan oleh para kelompok KKN yang menyaksikan peternak di Desa Rahayu memberikan pakan ternak tersebut kepada hewan ternaknya di rumah mereka masing-masing.

“Kami berharap peternak Desa Rahayu bersedia untuk mempraktekkan cara untuk membuat pakan ternak UMMB sebagaimana telah kami contohkan. Bahan yang kami gunakan tentunya alami dan ekonomis sehingga peternak di Desa Rahayu tidak dibebankan dalam perihal finansial,” tutupnya.

Selain Oky, terdapat delapan anggota KKN Desa Rahayu lainnya, yaitu Della Choirunnisa (FISIP); M. Baktiyar prayoga (FIB); Komari Aldiansyah (FH); Izzati Rahma (FEB); Mustika Vinda (FEB); Ainun Machmudia (FKH); Fakhma Ainuliza (FF); dan Vera Ristiana (FKG). (*)

Caption: Pembagian Suplemen UMMB kepada Peternak di Desa Rahayu (Foto: Istimewa)

Penulis: Febrian Tito Zakaria Muchtar

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu