UNAIR Segera Buka Jalur Mandiri Regular dan Kemitraan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana UTBK di Universitas Airlangga pada 5 Juli 2020. (Foto: M Aluf Fauzan)

UNAIR NEWS – Setelah Ujian Tulis Berbasis Komputer sebagai syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahap 1 selesai, Universitas Airlangga segera membuka pendaftaran masuk UNAIR untuk jalur Mandiri. Tahun ini, UNAIR akan memberlakukan jalur Mandiri menjadi dua kelompok.

Pernyataan itu disampaikan oleh Rektor UNAIR Prof Moh Nasih saat menggelar konferensi pers pada Selasa (14/7/2020) bertempat di Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR. Prof Nasih mengungkapkan, dua kelompok jalur Mandiri UNAIR yang dimaksud yaitu Mandiri Kemitraan dan Mandiri Regular.

Prof Nasih melanjutkan, jalur Mandiri Kemitraan adalah peserta mendaftar menggunakan nilai UTBK. Sementara Mandiri Reguler peserta mengikuti tes tulis di UNAIR.

“Mandiri Kemitraan prinsipnya diperuntukan bagi mitra UNAIR, baik perusahaan, institusi, atau yayasan, untuk mendaftarkan putra putri dari karyawan mereka,” terang Prof Nasih.

Pada program Mandiri Kemitraan ini, lanjutnya, diharapkan SP3 atau Uang Kuliah Awal (UKA) akan dibayarkan oleh perusahaan. Untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Uang Kuliah Semester (UKS) dibayarkan oleh orang tua atau mahasiswa yang bersangkutan.

Hal ini diharapkan menjadi win win solution antara UNAIR dengan mitra. Sebab, kerja sama dapat berlangsung sepanjang mahasiswa melangsungkan studi. Misalnya, untuk keperluan magang dan penempatan kerja mahasiswa ketika lulus nantinya. Sehingga waktu tunggu lulusan tidak terlalu lama.

“Model kemitraan ini kita harapkan dapat mempercepat proses Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (Program Kemendikbud, Red). Sehingga mitra akan bersama dengan UNAIR untuk melakukan banyak hal,” papar Prof Nasih.

Sementara untuk Mandiri Reguler, Prof Nasih menambahkan bahwa jalur ini salah satunya untuk mengakomodir siswa yang karena alasan tertentu tidak dapat mengikuti UTBK. Maka, siswa tetap dapat mendftar UNAIR melalui jalur Mandiri Reguler dengan jadwal tes dan mekanisme pendaftaran sesuai yang ditetapkan oleh PPMB UNAIR.

Pendaftaran jalur Mandiri UNAIR akan dibuka pada 20 Juli mendatang. Peserta dapat memantau segala jadwal dan persyaratan pada laman PPMB UNAIR. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu