BSO SMHI FH UNAIR Bagikan Paket Makanan Buka Puasa di Tiga Kota Berbeda

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Potret kegiatan masyarakat #SMHIBerbagi Ramadhan 2020 yang diinisiasi oleh BSO SMHI FH UNAIR di. (Foto: Muhammad Rizqullah Dany Putranto)

UNAIR NEWS – Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang melanda Indonesia, BSO Solidaritas Mahasiswa Hukum untuk Indonesia (SMHI) FH UNAIR mengadakan acara #SMHIBerbagi Ramadhan 2020. Sebuah program kerja (proker) yang berkegiatan membagikan paket makanan untuk berbuka puasa kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan pada Minggu (17/05/2020). Pembagian paket makanan dilakukan di jalanan sebelum waktu buka puasa.

Muhammad Rizqullah Dany Putranto, selaku Ketua BSO SMHI menjelaskan, proker diselenggarakan secara serentak di 3 kota berbeda dalam waktu yang bersamaan yaitu pada Minggu, 17 Mei 2020 di Surabaya, Kota Malang, dan Depok. Ia menambahkan bahwa paket makanan yang dibagikan kepada masyarakat dibeli dari hasil donasi yang dibuka oleh SMHI pada 13-15 Mei 2020.

“Dari donasi tersebut, SMHI FH UNAIR berhasil mengumpulkan uang tunai sebesar Rp 5.280.000 yang berasal dari anggota-anggota SMHI, alumni SMHI, dan masyarakat umum. Sekitar 355 paket makanan bisa dibeli dari hasil donasi tersebut yang kita bagikan di 3 kota berbeda tersebut,” ujar mahasiswa yang akrab dipanggil Kiki itu.

Kiki menjelaskan bahwa target pemberian paket makanan dari hasil donasi adalah para pemulung, pengemis, tukang parkir, tukang sapu jalanan, driver ojek online, driver ojek konvensional, tukang sampah, dan pekerja jalanan serta orang kurang mampu. Mahasiswa angkatan 2018 itu menambahkan bahwa proker #SMHIBerbagi Ramadhan 2020 itu juga mendapat dukungan dari komunitas sosial sekitar seperti Rotary Malang Central dan Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga dengan menyumbangkan bantuan berupa masker kain yang dapat digunakan oleh warga sebagai pelindung diri di tengah pandemi COVID-19.

“Inisiatif SMHI FH UNAIR untuk menyelenggarakan acara #SMHIBerbagi Ramadhan 2020 didasari oleh keprihatinan kami. Sebab ditengah wabah COVID-19 seperti ini masyarakat masih harus bekerja di jalanan yang dimana hal tersebut sangat berbahaya,” tutur Kiki.

Terakhir, Kiki berharap bahwa gerakan yang diinisiasi oleh SMHI FH UNAIR itu dapat menginspirasi masyarakat umum untuk terus berbagi kebaikan di tengah musibah yang melanda dunia saat ini. Namun disamping itu, masyarakat juga harus tetap bijak mengikuti dan menaati seluruh saran, himbauan, serta kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah dalam memerangi pandemi COVID-19.

Penulis: Muhammad Rizqullah Dany Putranto

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu