Maximum Power Point Tracking pada Photovoltaics

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh TirtoID

Photovoltaic (PV) merupakan pembangkit sumber energi terbarukan yang mampu merubah cahaya sinar matahari menjadi energi listrik. PV memiliki keuntungan sangat ramah lingkungan dan biaya perawatan yang rendah. Beberapa factor yang mempengaruhi tehadap keluaran PV, antara lain radiasi matahari, suhu, kondisi PV dan MPPT. MPPT merupakan sebuah sistem elektronik yang dioperasikan pada sebuah panel PV. Alat ini digunakan agar PV dapa menghasilkan daya yang maksimum.

MPPT didesain untuk mendapatkan hasil output PV yang optimal dan meminimalkan osilasi. Teknik MPPT telah banyak digunakan seperti Incremental Conductance (IC), Perturb and Observe (P&O), dan Hill Climbing (HC). Beberapa kecerdasan buatan telah dikembangkan untuk meminimalkan osilasi dan mengoptimalkan daya PV diantaranya Neural Network (NN), Particle Swarm Optimization (PSO), Firefly, Grey Wolf Optimization (GWO), dan Fuzzy Logic Controller (FLC). Namun, minimal osilasi masih perlu diperbaiki. Oleh karena itu, Fuzzy Logic-Particle Swarm Optimization (FL-PSO) digunakan untuk meminimalkan osilasi dan mengoptimalkan daya PV.

MPPT merupakan sebuah sistem elektronik untuk dapat mengoptimalkan daya PV dan meminimalkan osilasi daya pada PV. Adapun beberapa metode yang digunakan dalam MPPT adalah PSO dan FL-PSO. Perlunya membandingkan metode-metode lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi.

PENULIS: Aji Akbar Firdaus, S.T., M.T.

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:Top of FormBottom of Form

http://ijpeds.iaescore.com/index.php/IJPEDS/article/view/20544

Aji Akbar Firdaus, Riky Tri Yunardi, Eva Inaiyah Agustin, Sisca D. N. Nahdliyah, Teguh Aryo Nugroho : An improved control for MPPT based on FL-PSo to minimize oscillation in photovoltaic system

International Journal of Power Electronics and Drive Systems (IJPEDS); Volume 11, No. 2, June 2020, Pages 1082-1087

ISSN: 2088-8694

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).