Times Higher Education Tempatkan UNAIR di Posisi 301-400 Top Dunia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Feri Fenoria R

UNAIR NEWS – Di tengah kondisi pandemi yang belum usai, ada kabar baik datang dari Universitas Airlangga. Kali ini bukan tentang Covid-19, melainkan prestasi yang diraih UNAIR dalam menguatkan rekognisi di mata dunia. Ialah capaian UNAIR yang mampu meraih 301-400 Top Dunia oleh lembaga pemeringkatan dunia Times Higher Education (THE) Impact Ranking. Sebuah lembaga pemeringkatan yang berdomisili di Inggris.

Mengenai capaian itu, Ketua Badan Pengembangan dan Perencanaan (BPP) UNAIR Prof. Badri Munir Sukoco, Ph.D., menuturkan bahwa  pada April tahun 2020 ini, UNAIR kembali menorehkan prestasi kelas dunia dengan masuk sebagai 301-400 Top Dunia oleh Times Higher Education (THE) Impact Ranking.

“Dalam hal ini, ini merupakan tahun pertama UNAIR mengikuti  pemeringkatan tersebut.  Karena baru saja diluncurkan tahun kemarin,” ujarnya.

Pemeringkatan itu, sambung Prof. Badri, merupakan inisiatif THE Impact Ranking untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan atau SDGs 2030 yang digagas PBB. Tercatat ada 17 agenda yang digagas dalam SDGs. Salah satu agenda adalah peran Perguruan Tinggi di dunia untuk turut serta mewujudkan SGDs 2030.

“Khusus THE WUR ini,  dari 17 agenda ada 11 inisiatif kegiatan yang digunakan untuk PT dari berbagai dunia,” imbuhnya.

Dari 11 tadi agenda, lanjutnya,  masing-masing PT bisa mengikuti paling sedikit empat agenda dan UNAIR sudah mengikuti empat kriteria tersebut. Dari empat agenda inisiatif yang diikuti UNAIR, di bidang kesehatan atau Good Health and Wellbeing, UNAIR menduduki peringkat 93 dunia dengan skor 75,6.

“Selanjutnya, dalam bidang No Poverty atau bidang untuk mengurangi kemiskinan dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu, UNAIR menempati posisi Top 101-200 dunia,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Prof. Badri juga menjelaskan bahwa hal senada di posisi Top 101-200 dunia, juga diikuti oleh bidang Reduced Inequalities yang merupakan bidang untuk menguatkan pemerataan keadilan.  Selanjutnya, dalam bidang Partnership for The Goals yang merupakan peran kerja sama di level dunia, UNAIR memasuki peringkat 301-400 dunia.

“Sehingga, dari keseluruhan kategori bidang yang dinilai UNAIR bisa menduduki peringkat 301-400 Top Dunia,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).