Publikasikan Jurnal Scopus Antar Kevin Raih Wisudawan Berprestasi FK

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kevin Luke, Wisudawan Berprestasi Fakultas Kedokteran. (Ilustrasi oleh Feri Fenoria R)

UNAIR NEWS – Menjadi wisudawan berprestasi S1 FK UNAIR periode Maret 2020 menjadi salah satu pencapaian tak terlupakan bagi Kevin Luke. Laki-laki asal Surabaya ini berhasil menorehkan nilai akhir atau IPK 3,89.

Selama studi  Kevin merasa  nyaman dan sangat menikmati masa-masa perkuliahan. Dirinyapun sering mengikuti lomba akademis seperti olimpiade kedokteran, maupun yang kegiatan ilmiah seperti simposium. Tak hanya itu, Kevin juga terlibat aktif dalam kegiatan organisasi semisal BEM fakultas dan Asian Medical Student’ Association (AMSA).

“Asik-asik aja dalam studi S1, banyak temen-temen yang saling support jadi nggak kerasa berat. Makin lama, makin enjoy aja belajar kedokteran. Kalau hambatan mungkin perubahan kurikulum buat angkatan 2016, tapi Puji Tuhan bisa dilewati,” ungkapnya.

Pada 2019 lalu Kevin berhasil mempublikasikan papernya di sebuah jurnal internasional yang terindeks Q3 Scopus. Kevin bercerita bahwa paper tersebut berawal dari penentuan topik skripsinya tentang kardiologi. Berawal dari passion-nya mendalami ilmu kardiologi Kevin pun mengambil topik skripsi yang berkaitan dengan masalah jantung koroner.

“Puji Tuhan juga mendapatkan dosen pembimbing seorang dokter jantung yang expert dalam hal intervensi koroner. Dari awal pembuatan skripsi, dosen pembimbingku sudah menargetkan publish di jurnal internasional, sehingga mulai dari penyusunan sampai penulisan naskah benar-benar aku tekuni ,” terangnya.

Impian Kevin agar papernya dapat terindeks Scopus menjadi penyemangat untuk menyelesaikan paper ilmiahnya sebaik mungkin. Papernya bahkan sempat ditolak oleh beberapa jurnal internasional. Namun kegigihan dan kesabaran Kevin akhirnya membuahkan hasil.  Papernya berjudul Predictive Value Of Hematological Indices In The Diagnosis Of Acute Coronary Syndromediterima oleh salah satu jurnal internasional bernamaMacedonian Journal Medical Sciencesdan terindeks Q3 Scopus.

Saat ini dirinya tengah menjalani studi sebagai dokter muda di RSUD. Dr. Soetomo sembari mencari ide untuk kembali menulis paper. Ke depan, Kevin berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan spesialis kardiovaskuler dan mengambil program doktoral (PhD) di luar negeri.

“Jangan gampang menyerah buat belajar apapun. Karena masa muda ini dipakai untuk belajar bukan hanya dalam universitas, tapi juga explore di luar universitas. Selain itu, jangan lupa have fun, kuliah itu panjang dan capek,” pungkas Kevin.

Penulis: Zanna Afia Deswari

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).