PPKK UNAIR Jalin Kerjasama dengan Yubi untuk Finalis PMW 2020

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Siwi saat memberikan paparan dihadapan mahasiswa PSDKU Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – PPKK (Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan) UNAIR  memiliki peran dalam membina mahasiswa dalam berwirausaha. Salah satunya melalui program mahasiswa wirausaha atau sering disebut PMW. Tahun ini, PPPKK kembali membuka program andalannya tersebut untuk mahasiswa UNAIR di Banyuwangi.

Pada Senin (24/02/2020), PPKK telah melaksanakan sosialasi PMW di kampus Giri, Banyuwangi. Sosialisasi PPKK UNAIR Surabaya yang diwakili oleh Dr. Siwi tersebut difasilitasi oleh Departemen Entrepreneurship Keluarga Mahasiswa UNAIR di Banyuwangi. Sosialisasi itu, merupakan langkah awal bagi mahasiswa UNAIR di Banyuwangi untuk mengikuti PMW tahun 2020.

Wilda Gusfiyanti Aziz selaku Kepala Departemen Entrepreneurship KM UNAIR Banyuwangi mengatakan, jumlah mahasiswa yang mengikuti PMW tahun ini semakin banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tercatat, sebanyak 45 pesertas antusias dalam sosialisasi tersebut.

“Tidak memandang bidang keilmuan, peserta sosialisai berasal dari beberbagai fakultas, seperti fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas perikan dan kelautan, fakultas  kedokteran hewan, dan fakultas kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Dr. Siwi selaku perwakilan dari PPKK UNAIR mengatakan jika prosedur pendaftaran PMW masih sama seperti tahun sebelumnya. Namun ada sedikit yang berbeda dari proposal templatenya.

“Proposal template PMW tahun ini cukup ringkas dan sederhana. Hanya terdapat 11 pertanyaan. Berbeda dengan tahun sebelumnya terdapat 33 pertanyaan yang harus diisi,” ujarnya.

Selain itu, Dr. Siwi juga mengatakan jika para finalis PMW yang lolos tahun ini akan dimentor langsung oleh Yubi, tidak lagi dengan dosen. Ide tersebut muncul dikarenakan kesulitan mahasiswa dan dosen dalam menemukan waktu yang pas untuk konsultasi mengenai perkembangan bisnis mereka.

“PPKK telah bekerjasama dengan Yubi untuk mahasiswa yang lolos finalis PMW tahun ini. Yubi atau Yuk Bisnis merupakan platform e-commerce nasional buatan anak  bangsa,” ujarnya. “Yubi bukan hanya sebagi online store tetapi komunitas yang mewadahi pengusaha untuk terus berkembang,” lanjutnya.

Pada akhir, Dr. Siwi juga menyatakan, selian pemantauan dan konsultasi usaha akan terus dilakukan oleh Yubi, mahasiswa juga dapat memasarkan produk dari hasil PMW di Yubi.

“Saya berharap mahasiswa yang lolos finalis PMW bisa konsisten dalam berwirausaha, mengelola dana dengan sebaik mungkin unstuck kemajuan usaha,” tutupnya. (*)

Penulis: Dewi Masluqiyah

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

Nuri Hermawan

Nuri Hermawan

Leave Replay

Close Menu