Komitmen Garuda Sakti Menjadi Hulu Prestasi Mahasiswa UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Siap Kawal Prestasi: Pengurus dan anggota GS PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Berbagai capaian dan prestasi telah ditorehkan oleh Garuda Sakti PSDKU UNAIR di Banyuwangi. Mulai dari tingkat fakultas, universitas, hingga tingkat nasional. Melalui pelatihan, pembinaan, hingga pendampingan kepada para delegasi. Menyongsong keperungusan tahun 2019/2020, Garuda Sakti terus berkomitmen menjadi hulunya prestasi mahasiswa.

Salah satu yang menjadikan atmosfer Garuda Sakti tetap eksis sampai saat ini dikalangan mahasisswa, yaitu Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM. Kegiatan tersebut merupakan ajang ilmiah bergengsi tingkat nasional yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi. Program ini berupa pengajuan usulan pendanaan kegiatan berbentuk proposal. Salah satu yang menjadi tugas utama dari Garuda Sakti yaitu menjadi fasilitator mahasiswa untuk pengajuan proposal pendaan tersebut.

Kepada UNAIR NEWS, Arum Pratiwi selaku koordinator Garuda Sakti menyampaikan dari tahun ke tahun, PKM dari Universitas Airlangga terus memperlihatakan kualitas yang meningkat. “Untuk tahun 2019, dari total 37 proposal Universitas Airlangga yang didanai, PSDKU menyumbangkan tiga tim untuk kategori  PKM intensif didanai,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, pada PIMNAS Ke-32, ranking akhir UNAIR meningkat dari peringkat 8 pada tahun 2018, sekarang UNAIR naik peringkat juara Ke-5. Pada tahun ini Gauda Sakti PSDKU bertekad meloloskan kembali timnya ke PIMNAS.

Dilain hal, program unggulan Garuda Sakti selanjutnya yaitu Program mahasiswa berprestasi (Mawapres) setiap tahunnya selalu diadakan, mulai dari tingkat fakultas, universitas dan muaranya ke tingkat nasional. Pemilihan mahasiswa berprestasi juga turut menjadi bagian dari Garuda Sakti dalam memberikan pendampingan.

Melalui Scholl of Mawapres (SOM), sambungnya, mahasiswa calon Mawapres dibekali dengan berbagai trik jitu untuk menjadi seorang Mawapres, Mulai dari pembuatan Curiculum Vitae (CV), Karya Tulis Ilmiah (KTI), public speaking yang baik dan benar.

“Sebut saja Ryanka Edila (FKH 2018) dan Syavin Pristiwayuning Rachmadhany (FPK 2018) yang berhasil menjadi Mawapres. Dan yang baru-baru ini, mereka telah memulai seleksi awal  Mawapres untuk tingkat universitas,” tuturnya.

Selanjutnya, dalam upaya menumbuhkan jiwa da semangat prestatif mahasiswa, sebuah kegiatan yang bernama VIEWSPRO (Video, Write, and Speaking Programs) dan lomba essai bertaraf nasional menjadi program andalan dari divisi prestasi. Program dari divisi ini menjajal sasaran dari siswa SMA sederajat hingga mahasiswa di perguruan tinggi se-Indonesia.

Sejuta harapan pastinya ditaruhkan kepada setiap periode kepengurusan. Arum sebagai koordinator Garuda Sakti PSDKU UNAIR di Banyuwangi tahun ini berharap agar pada periode ini dan selanjutnya, kekurangan sedikitpun dari Garuda sakti bisa tertutupi dengan rekatnya masing-masing anggota.

“Saya berharap anggota Garuda Sakti menjadi contoh dan teladan mahasiswa lainnya untuk tetap berprestasi,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu