Ketua LTMPT Imbau Peserta untuk Segera Lakukan Finalisasi Data

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Prof. Nasih saat memberikan keterangan terkait Finalisasi Data LTMPT di Rektorat UNAIR. (Foto: Anindya Anindita)

UNAIR NEWS – Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah memasuki tahap pengisian Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS). Proses yang sudah dibuka sejak tanggal 15 Januari tersebut akan ditutup pada tanggal 8 Februari 2020.

Meski tinggal menghitung hari, tercatat masih sangat sedikit yang melakukan finalisasi pengisian PDSS. Untuk itu, dihadapan awak media pada Senin (3/2), Ketua LTMPT Prof. Nasih mengimbau para peserta untuk segera melakukan finalisasi data.

“Dari pantauan kami, sekolah dan siswa yang sudah melakukan finalisasi belum mencapai 50%,” jelasnya.

Menurutnya, ada identifikasi dari pihak LTMPT bahwa di lapangan ada persoalan perangkingan sehingga membuat finalisasi terhambat. Pasalnya, tandas Prof. Nasih, jika waktu terhambat dan peserta melakukan finalisasi di hari-hari terkahir nantinya akan terjadi penumpukan peserta finalisasi di akhir waktu penutupan.

“Hal itu, tentu akan berpengaruh pada sistem sehingga terjadi gangguan. Dan hal ini tentu bisa merugikan pihak sekolah,” sambung Prof. Nasih.

Untuk itu, lanjutnya, Prof. Nasih mengimbau untuk pihak sekolah maupun siswa bisa melakukan finalisasi. Hal itu, tentu untuk kepentingan bersama, baik pihak LTMPT maupun pihak sekolah.

“Mumpung masih ada lima hari, kalau peserta bisa melakukan finalisasi sedari dini, tentu tidak akan ada kendala di sistem yang terjadi menjelang penutupan,” jelasnya. “Sekali lagi, saya khawatir jika semua menumpuk melakukan finalisasi menjelang hari penutupan, sudah tentu akan menggaunggu sistem. Ini yang tidak kita harapkan di LTMPT,” pungkas Prof. Nasih.

Tercatat, berikut informasi yang sudah LTMPT sajikan, data pengisian PDSS per 3 Februari 2020, Pukul 06.30. Dari Data Sekolah, jumlah Sekolah Mengisi Data 15.706; jumlah Sekolah  Finalisasi Data 4.968; dan jumlah Sekolah Sudah Pemeringkatan 3.460. 

Sedangkan dari Data Siswa, jumlah Siswa Diisikan Datanya 1.833.838; jumlah Siswa Punya Akun LTMPT dan Diisikan Datanya 1.474.111; dan jumlah Siswa Punya Akun LTMPT dan Permanen Akun Diisikan Datanya 1.153.569.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).