BEM FISIP dan Aliansi Mahasiswa PTN Seluruh Indonesia Gelar Sharing Session Tentang Perkuliahan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PELAKSANAAN kegiatan “Grand Simulasi SBMPTN 2020” yang digelar BEM FISIP dengan AMPSI di Pusat Bahasa Universitas Airlangga Kampus B pada Minggu (26/01/2020). (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) menggelar Try Out dan Sharing Session mengenai dunia perkuliahan untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bekerja sama dengan Aliansi Mahasiswa PTN Seluruh Indonesia (AMPSI). Kegiatan itu bertempat di Pusat Bahasa, Kampus B pada Minggu (26/01/2020).

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada teman-teman dari SMA sederajat mengenai SBMPTN dan mengenalkan dunia perkuliahan,” ujar Bayu Satriawan selaku Ketua Pelaksana.

Kegiatan “Grand Simulasi SBMPTN 2020” ini merupakan gebrakan baru dari BEM FISIP khususnya Kementerian Keilmuan dan Pengembangan Mahasiswa Kabinet Berani. Kegiatan itu diikuti sekitar 100 siswa SMA/SMK dari wilayah sekitar Kota Surabaya.

“Yang berbeda dari try out pada umumnya kami berusaha memberikan gambaran mengenai perkuliahan khususnya di Universitas Airlangga. Selain itu kami merasa masih banyak siswa yang belum mengetahui dan bimbang dalam menentukan jurusan kuliah,” tambahnya.

Satria sapaan akrabnya mengatakan, pada sharing session masih banyak siswa yang menanyakan mengenai lintas jurusan baik dari IPA maupun IPS, dan problematika mengenai salah memilih jurusan.

“Kami berusaha memberikan gambaran yang se-riilmungkin mengenai dunia perkulihan, baik dari tugas-tugas maupun lingkungan pergaulan. Belum lagi ditambah dengan proses pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk aktif dalam perkuliahan,” ujar mahasiswa Ilmu Politik tersebut.

Perbedaan kultur yang akan sangat terasa ketika berpindah dari SMA ke Universitas berusaha BEM FISIP jabarkan kepada siswa lewar kegiatan tersebut. Persaingan yang lebih ketat terdapat pada SBMPTN tahun, selain itu proses ujian yang telah berganti menjadi sistem online masih perlu untuk disosialisasikan.

“Antusiasme siswa untuk mengikuti acara ini sangat banyak, kami merasa senang dapat sedikit memberikan pengetahuan bagi calon mahasiswa baru agar lebih siap dalam menghadapi dunia perkuliahan. Seiring berjalannya waktu kampus terus membutuhkan mahasiswa yang memiliki kualitas yang baik, lewat kegiatan ini kami berusaha mewujudkannya,” tutur Satria.

Selain siswa SMA/SMK banyak dari alumni juga mengikuti kegiatan ini untuk mempersiapkan diri menempuh pendidikan di bangku perkuliahan pada tahun ajaran baru mendatang. Satria berharap kegiatan itu dapat menjadi agenda tahunan agar dapat memberikan lebih banyak lagi manfaat. (*)

Penulis: Rissa Ayu F

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu