Festival Pantai Sine 2020, Ajang Promosi Potensi Wisata Dan Kebudayaan Lokal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Keseruan tercipta di Festival Pantai Sine. Event itu digelar di Dusun Sine, Tulungagung pada hari Minggu (26/01/2020).

UNAIR NEWS – Keseruan tercipta di Festival Pantai Sine. Event itu digelar di Dusun Sine, Tulungagung pada hari Minggu (26/01/2020). Festival itu menghadirkan permainan tradisional, stand makanan, lomba masak, dan pertunjukan seni.

Kegiatan dipelopori oleh mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (UNAIR) yang bekerja sama dengan beberapa kampus dari luar negeri dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Internasional. Beberapa Mahasiswa yang mengikuti KKN Internasional itu antara lain berasal dari Malaysia, Myanmar, Timor Leste, dan Pakistan.

Salah satu dosen pembimbing KKN, Nurina Fitriani, menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan kegiatan KKN Internasional kali ke 3 di Pantai Sine.

“Di Fakultas Sains dan Teknologi memiliki bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Kebetulan wakil bidang 3 kami berasal dari Tulungagung. Beliau kemudian menginisiasi bagaimana KKN yang secara scope-nya internasional dan dilaksanakan di Pantai Sine,” ungkapnya.

Nurina menambahkan bahwa konon katanya Pantai Sine memiliki keunikan dimana pengunjung bisa menikmati matahari terbit yang cukup indah.

“Waktu itu kegiatan pertama diawali untuk mem-branding pantai ini, dimana turis yang mengunjungi Pantai Sine bukan hanya berasal dari turis local saja tetapi juga bagaimana orang luar Tulungagung dapat mengenal Pantai Sine,” tambahnya.

Dalam Festival itu, pertunjukan seni yang ditampilkan memiliki keunikan tersendiri karena berasal dari ajang pencarian bakat berupa Sine’s Got Talent (SGT). SGT itu menyaring beberapa peserta dari Tulungagung dan bertujuan untuk menampilkan bakat dari masyarakat Kabupaten Tulungagung.

Penampilan SGT dibagi menjadi dua katergori dimana kategori pertama adalah peserta dengan tingkat SD-SMP, sementara kategori kedua adalah peserta dari tingkatan SMA dan umum.

Selain itu, untuk membeli makanan atau minuman pada stand di Festival Pantai Sine diharuskan menggunakan koin kayu yang berasal dari kayu bekas. Pengunjung dapat menukarkan uangnya menjadi koin kayu pada pintu masuk di area festival untuk digunakan dalam membeli makanan dan minuman.

Pada akhir Festival diumumkan pemenang juara Sine’s Got Talent dan juga ditutup oleh ttarian flash mob seluruh peserta KKN Internasional.

Adanya program dari KKN Internasional itu diharapkan dapat membantu perkembangan Pantai Sine dan menggali potensi yang dimiliki agar masyarakat Dusun Sine bisa lebih mandiri dalam perekonomiannya.

Penulis: Fahmi Royani

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu