Rampungkan Studi S2 Kurang Dari Dua Tahun, Hijrawati Ayu Wardani Jadi Wisudawan Terbaik S2 Fakultas Farmasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Feri Fenoria Rifa'i

UNAIR NEWS – Hijrawati Ayu Wardani merupakan mahasiswa S2 Fakultas Farmasi (FF) Universitas Airlangga (UNAIR) yang dinobatkan menjadi wisudawan terbaik periode Desember 2019. Ira, sapaan akrabnya, mampu merampungkan studi hanya dalam waktu satu tahun sembilan bulan. Dengan kurun waktu kurang dari dua tahun, ia berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.90.

Ira menulis tesis dengan judul “Perubahan Seluler dan Molekuler pada Pemberian Alpha Lipoic Acid terhadap Non Alcoholic Fatty Liver Disease pada Tikus dengan Model High Fat Diet”. Menurutnya, gangguan hati Non Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) memiliki manifestasi cukup berbahaya dan sampai saat ini masih belum ada obat yang diindikasikan dapat mengobati NAFLD. Melalui penelitian thesis itulah, ia menemukan hasil bahwa Alpha Lipoic Acid efektif sebagai terapi NAFLD pada tikus putih sehingga penelitian di ranah klinik (manusia)dirasa penting untuk dipertimbangkan.

Perjalanan Ira dalam penelitian tersebut tidaklah mudah. Dia harus rela menghabiskan waktunya di laboratorium agar tesisnya bisa segera terselesaikan. Tidak bisa disangkal bahwa dukungan dan doa orang tua adalah motivasi terbesar Ira dalam menyelesaikan studi S2 tersebut.

“Dalam menyelesaikan studi S2, orang tua adalah motivasi terbesar yang saya punya. Dukungan dan doa dari beliau merupakan kunci utama sehingga saya bisa berada di titik yang sekarang,” ucap wanita berusia 24 tahun itu.

Hidup di perantauan tidak membuat Ira lupa tentang kampung halaman. Setelah berhasil menyelesaikan studi S2 tersebut, Ira akan kembali ke kota asal Makassar untuk menjadi dosen pada salah satu perguruan tinggi di sana. Dia juga berharap bisa segera mungkin melanjutkan pendidikan jenjang S3.

“Harapan saya, sesegera mungkin bisa melanjutkan pendidikan di jenjang S3. Jujur saja, setelah menyelesaikan studi S2 justru membuat saya semakin antusias menggali lebih dalam lagi terkait bidang ilmu yang saya geluti,” ujar Ira.

Untuk mahasiswa lain yang sedang menempuh kuliah, Ira berpesan agar selalu melibatkan Allah dalam segala kegiatan. Selain itu, jangan pernah menunda pekerjaan dan gunakan waktu secara bijak.

“Jangan katakan masih ada waktu atau nanti saja, lakukan segera, gunakan waktu dengan bijak,” tandasnya.

Penulis: Dita Aulia

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu