Sambangi UNAIR, ISR UPN Yogyakarta Pelajari Sistem PKM

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penyerahan kenang-kenangan dari pembina ISR pada perwakilan dari Garuda Sakti. (Foto: Fida Aifiya)

UNAIR NEWS – Interdisciplinary Scientific Research (ISR) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta melakukan study visit dengan Garuda Sakti. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 16 November 2019 di Ruang Kuliah 13 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR.

ISR adalah sebuah Unit Kegiatan Masyrakat (UKM) di UPN Veteran Yogyakarta yang bergerak di bidang penalaran dan penelitian. Tetapi, fungsi ISR tidak terbatas pada penalaran dan penelitian saja. ISR juga memiliki fungsi lain, yaitu fungsi pengabdian masyarakat, sama seperti ormawa pada umumnya.

Tahun ini, ISR memiliki misi baru yang besar, yaitu membangun pondasi sistem per-PKM-an di UPN Veteran Yogyakarta. Berbeda dengan UNAIR yang telah lama menggeluti PKM dan berkompetisi di PIMNAS, UPN Veteran Yogyakarta masih awam dalam hal ini.

Ditunjuk sebagai ormawa yang akan menanganisirkulasi PKM mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta, ISR ingin belajar bagaimana Garuda Sakti menanganisirkulasi PKM mahasiswa UNAIR. Garuda Sakti telah menangani sirkulasi PKM di UNAIR sejak tahun 2012.

Dalam acara yang dihadiri kurang lebih 30 anggota ISR tersebut, hadir pula dosen pembina kemahasiswaan dari UPN Veteran Yogyakarta, bapak Oliver Samuel, S.Kom, M.Eng. “Jujur kami belum memiliki sistematika PKM, makanya kami ingin belajar dari teman-teman Garuda Sakti di UNAIR,” ungkap Pak Oliver.

Pada sesi diskusi dan sharing, dikupas satu per satu masalah dan kendala PKM kedua kampus. Di UPN Veteran Yogyakarta, pengetahuan mahasiswa tentang PKM masih sangat minim, sehingga sulit mengajak mahasiswa mengumpulkan PKM. Sementara itu, di UNAIR, PKM sudah digaung-gaungkan, bahkan diwajibkan untuk mahasiswa baru, tetapi seringkali dirasa bahwa minat mahasiswa pada PKM masih rendah.

Yang berkesan dari acara study visit ini adalah terjalinnya silaturrahmi antara dua organisasi dari dua kampus berbeda. Baik anggota Garuda Sakti maupun ISR dengan cepat berkenalan dan berbaur. Ini meninggalkan kesan dan vibe positif dari dan untuk kedua kampus. (*)

Penulis: Fida Aifiya

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu