Sivitas UNAIR Gali Pengaruh Stres dan Motivasi Kerja Anggota Satpol PP Kabupaten Gresik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Artikel Ilmiah oleh Feri Fenoria

UNAIR NEWS – Satu hasil riset unik datang dari Fransiska Dyah Ayu Puspitasari yang mengulas tentang pengaruh stres dan motivasi kerja anggota Satpol PP di Kabupaten Gresik. Menurutnya, Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP merupakan lembaga pemerintahan yang diberi wewenang untuk melaksanakan penegakan Peraturan Daerah, Keputusan Bupati dan Peraturan Perundang-undangan yang lain dalam rangka kondisi yang tentram dan tertib di lingkungan masyarakat.

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa ketentraman dan ketertiban umum sendiri dapat tertanggu oleh berbagai sebab dan keadaan. Antara lain adanya pelanggaran hukum dan peraturan daerah yang menyebabkan terganggunya ketentraman dan ketertiban masyarakat; adanya bencana-bencana, baik bencana alam maupun bencana yang ditimbulkan oleh manusia; dan faktor-faktor di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kinerja kedinasannya, anggota Satpol PP seringkali menghadapi permasalahan baik dari internal dan eksternal petugas, yaitu adanya stress kerja dan motivasi pendorong kinerjanya,” ungkapnya.

Peneltian yang dilakukan, sambungnya, untuk mengetahui dugaan semula bahwa terhadap dua variabel yang dapat memengaruhi kinerja, yaitu Stres kerja dan Motivasi kerja. Kedua, tandasnya, variabel tersebut dilihat secara parsial maupun stimultan pengaruhnya terhadap kinerja Pol PP di Kabupaten Gresik.

Selanjutnya, ia juga mengatakan bahwa metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah kuantitatif dengan menggunakan tiga buah quisioner. Hal yang digunakan berupa skala likert  yang mengukur 120 orang responden anggota Satpol PP Kabupaten Gresik. Penelitian itu, tandasnya, menggunakan 3 skala yang berbeda untuk mengukur aspek-aspek dalam tiga variabel penelitian, yaitu stres kerja, motivasi kerja dan kinerja. Pengujian dan analisis data menggunakan SPSS.

“Hasil penelitian ini berhasil mendukung hipotesis pertama penelitian, yaitu bahwa variable stress kerja dan variabel motivasi kerja secara parsial dam stimultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja Anggota Polisi Pamong Praja Kabupaten Gresik,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Berikut link terkait artikel di atas: http://Produccioncientificaluz.org/index.php/opcion/article/view/24687

Fransiska Dyah Ayu Puspitasari, Subagyo Adam. 2019. The influence of job stress and motivation to work performance.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).