Peneliti UNAIR Gali Potensi Derivat Asam P-Kumarat sebagai Anti Platelet

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Feri Fenoria R

UNAIR NEWS – Dr. Juni Ekowati, MSi., Apt., dosen Fakultas Farmasi UNAIR tak henti melakukan berbagai riset guna mengkaji banyak hal yang bermanfaat. Kali ini, ia mencoba menggali Potensi Derivat Asam P-Kumarat sebagai Anti Platelet.

Sebelum mengulas lebih jauh, Juni menjelaskan bahwa tromboemboli merupakan salah satu penyebab utama kematian pada penderita penyakit kardiovaskular. Adanya laporan resistensi aspirin pada pasien penyakit kardiovaskular dan efek sampingnya pada saluran cerna mendorong dilakukannya pencarian senyawa-senyawa baru calon obat antitrombotik, termasuk antiplatelet.

“Salah satu senyawa fenolik yaitu asam p-kumarat, diketahui  memiliki efek sebagai antiplatelet,” tandasnya.

Untuk meningkatkan aktivitasnya, sambung Juni, maka dilakukan modifikasi struktur pada asam p-kumarat tersebut. Modifikasi struktur dilakukan dengan reaksi esterifikasi, alkilasi, hidrogenasi dan hidrolisis suasana basa.

“Tujuan modifikasi adalah memperoleh derivat yang lebih lipofil dan ditujukan juga agar interaksi gugus farmakofor dengan target enzim siklooksigenase-1 (COX-1) lebih optimal. Derivat yang lebih lipofil diharapkan dapat memperbaiki proses absorpsi dalam saluran cerna,” ungkapnya.  

Selanjutnya, Juni dan tim melakukan berbagai proses pengujian. Dari hasil uji, jelasnya, menunjukkan bahwa blood clotting time semua produk hasil sintesis berbeda bermakna dengan kontrol negatif. Hal ini, imbuh Juni, sesuai dengan prediksi uji in silico yang menyatakan produk hasil sintesis memiliki efek antiplatelet melalui hambatan enzim COX-1.

“Derivat metil p-kumarat menunjukkan efek yang tidak berbeda makna dengan aspirin. Tetapi perubahan ikatan tidak jenuh menjadi jenuh menurunkan efek antiplatelet,” jelasnya.

Pada akhir, ia mengatakan bahwa berdasarkan hasil analisis, hubungan struktur derivat asam p-kumarat dan aktivitasnya, diketahui adanya hubungan yang linier. Sifat lipofiliknya dan afinitas terhadap COX-1 berpengaruh sebagai antiplatelet, terutama pada penggunaan secara oral. “Senyawa-senyawa derivat asam p-kumarat memiliki potensi dikembangkan lebih lanjut, dalam skala sintesis laboratorium yang lebih besar dan penggunaannya sebagai alternatif anti platelet,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Editor: Khefti Al Mawalia

Informasi detail riset kami dapat diakses pada :

http://science2016.lp.edu.ua/chcht/synthesis-and-antiplatelet-activites-some-derivatives-p-coumaric-acid

Juni Ekowati, Nuzul Wahyuning Diyah, Achmad Syahrani. 2019.

Synthesis and Antiplatelet Activites of Some Derivatives of p-Coumaric Acid.

Chemistry & Chemical Technology Vol. 13, No. 3, 2019. pp. 296–302  ISSN 1996-4196|

DOI: https://doi.org/10.23939/chcht13.03.296

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu