Ilmuan UNAIR Kaji Piezoelectrik Berbasis Piezokeramik dan Aplikasinya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Feri Fenoria R

UNAIR NEWS – Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR Jan Ady, S.Si., M.Si., kembali melakukan riset seputar dunia fisika. Kali ini, ia dan tim melakukan riset mengenai Piezoelectrik Berbasis Piezokeramik dan Aplikasinya. Menurutnya, Piezoelectrick adalah muatan listrik yang terakumulasi dalam bahan tertentu seperti kristal, keramik tertentu, dan materi biologis seperti tulang, DNA, dan beberapa jenis protein.

Tidak hanya itu, Jan Ady juga menjelaskan bahwa piezoelectrik terdiri dari dua makna kata yaitu piezo yang berarti tekanan mekanik dan electric yang berarti listrik. Sehingga piezoelectrik mampu mengubah energi dari tanggapan mekanik menjadi energi listrik atau sebaliknya.

“Dengan kata lain, piezoelectrik memiliki sifat yang reversibel atau dapat menghasilkan energi yang mampu dikonversikan balik,” ungkapnya.

Bahan anorganik, sambungnya, seperti keramik telah menjadi pilihan terbaik sebagai bahan baku piezo-listrik hingga saat ini. Hal ini dikarenakan sifat dan karakteristiknya yang ramah lingkungan dan tidak beracun terhadap makhluk hidup.

“Hal yang berbeda telah ditunjukkan oleh beberapa jenis bahan dengan kemampuan yang identik dalam menghasilkan energi listrik ataupun energi mekanik, namun sifat dan karakteristiknya yang cenderung toksik atau beracun dan tidak ramah lingkungan,” jelasnya.

Selanjutnya, ia juga menegaskan bahwa temuan dan aplikasi dari banyak penelitian tentang piezoelectrik. Menurutnya, dengan basis anorganik seperti keramik telah memperlihatkan adanya manifestasi energi listrik atau energi mekanik yang dapat dihasilkan dari bahan ini sebagai salah satu pilihan alternatif terbarukan dan berkelanjutan.

“Oleh karenanya, penelitian tentang material ini masih terus dan akan terus dilakukan, terutama melihat potensi dari beberapa bahan baku (raw material) yang dapat dioptimalkan hasilnya dan dapat diminimalkan dampak negatif penggunaannya terhadap mahluk hidup atau lingkungan,” ungkapnya.

Pada akhir, ia kembali menegaskan, penelitian tentang preparasi bahan piezoelectrik menjadi hal yang perlu untuk terus dilakukan. Terutama untuk mempelajari berbagai sifatt dan karakteristik bahan yang berimplikasi erat pada setiap kualitas bahan yang akan digunakan sebagai piezoelektri.

Penulis:  Nuri Hermawan

Editor: Khefti Al Mawalia

Referensi:

http://www.chalcogen.ro/index.php/journals/digest-journal-of-nanomaterials-and-biostructures

Jan Ady et al. (2019). Perovskite Microstructure Studied of Barium Titanate – Polyvinyl Alcohol were Sintered and Synthesized by Sol – Gel. Digest Journal of Nanomaterials and Biostructures, 14 (3), p. 817 – 822.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu