BEM FKM Rayakan HKN 2019 dengan Pengabdian Masyarakat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ACARA cek kesehatan gratis yang dilakukan BEM FKM UNAIR untuk warga setempat pada Sabtu (09/11/2019) di Balai Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember (ACC) Hall Lantai 2. (Foto: Istimewa)
ACARA cek kesehatan gratis yang dilakukan BEM FKM UNAIR untuk warga setempat pada Sabtu (09/11/2019) di Balai Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember (ACC) Hall Lantai 2. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) 2019 menggelar acara pengabdian masyarakat (pengmas) di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Tepatnya berlangsung mulai Jumat sampai dengan Minggu (8-10/11/2019). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019.

Pengmas yang dilakukan juga sangat beragam. Pada tahap awal, tim melakukan penyuluhan ke beberapa sekolah di sana. Pesannya, tentang peningkatan gizi dan penyuluhan kepada masyarakat terkait isu zero waste. BEM FKM UNAIR juga mengenalkan kepada masyarakat pengolahan sampah dengan melakukan ecobrick.

BEM FKM UNAIR juga mengadakan cek kesehatan gratis untuk masyarakat. Dalam kegiatan tersebut, mereka berkolaborasi dengan beberapa mahasiswa FKM dari Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di UNAIR Banyuwangi. Masyarakat sangat antusias mengikuti karena kegiatannya bukan hanya tentang promosi kesehatan, tapi juga dibuat games yang  bisa menghibur pengunjung yang hadir.

Pada puncak acara, dilakukan pentas seni oleh warga setempat dan siswa SD sampai dengan SMA. Termasuk melakukan peresmian takakura pada tiga dusun di Desa Suci, yaitu Dusun Glengseran, Dusun Glundengan, dan Dusun Gaplek.

Clara Cahyaning Wishesa yang menjadi ketua pelaksana Hari Kesehatan Nasional FKM UNAIR mengungkapkan kegiatan itu digelar mengingat dirinya bersama dengan teman yang lain berasal dari mahasiswa rumpun kesehatan. Karena itu, mahasiswa FKM memiliki kewajiban untuk merayakan HKN dan sebagai wujud implementasi dari Tri Darma perguruan tinggi. Selain itu, kegiatan tersebut merupakan program kerja dari Departemen Pengmas dan Departemen Kajian Aksi dan Strategis BEM FKM UNAIR.

Sri Haryani, salah seorang perwakilan warga, mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat positif karena mahasiswa langsung turun ke lapangan membantu masyarakat. Perangkat desa juga mengajak masyarakat untuk berpartisispasi dalam kegiatan. Sebab, kegiatan itu sangat bermanfaat dan anak-anak tampak begitu senang bisa bertemu dengan mahasiswa.

“Kami sangat senang dan berteri makasih kepada BEM FKM UNAIR yang telah melakukan kegiatan pengmas di Desa Suci. Harapannya, kegiatan ini bisa dilaksanakan dan menjadi lebih baik lagi ke depannya. Cek kesehatan yang diadakan sangat bermanfaat karena kami bisa tahu kondisi kesehatan seperti darah tinggi, kolesterol, dan maupun asam urat,” pungkasnya. (*)

Penulis: Anugrah Visar Rahman

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu