Mahasiswa UNAIR Banyuwangi Siap Cerdaskan Negeri Melalui GAME Sesi Empat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sesi foto bersama di sela kegiatan GAME sesi 4. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS GAME atau Gerakan Airlangga Mengajar adalah salah satu kegiatan mahasiswa UNAIR Banyuwangi. Kegiatan itu merupakan program kerja Departemen Sosial Masyarakat, Organisasi Keluarga Mahasiswa (KM).  GAME season 4 merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat dengan sasaran siswa SD yang ada di Banyuwangi.

Kegiatan GAME tahun sebelumya dilaksanakan di SD Taman Sari, Banyuwangi. GAME season 4 mengangkat tema tentang “Metamorfosa yaitu suatu perkembangan diri dari seorang siswa baik dari segi fisik dan juga tingkah laku sehingga semakin lebih baik dan tentunya bermanfaat pada lingkungan sekitar”.

Serangkaian kegiatan GAME season 4 dilaksanakan selama dua hari yaitu (2-3/11). GAME season 4 diadakan di dua sekolah yaitu SDN1 Gombengsari dan SDN3 Gombengsari, Banyuwangi. Kegiatan GAME pada hari pertama yaitu kegiatan mengajar kepada siswa-siswa yang ada di SD.

Ada 6 materi yang diberikan kepada siswa-siswa yaitu PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), Makanan sehat, Save The Earth, Say No To Bullying, Budaya Literasi, dan yang terakhir yaitu Bahasa Inggris dasar untuk SD, dengan materi  yang disampaikan  harapannya siswa SD dapat meningkatkan pengetahuan dasar dan dapat menerapkan dikegiatan sehari-hari.

Serangkaian acara pada hari kedua yaitu outbond dan juga kegiatan kreativitas siswa. Permainan outbond yang dilakukan yaitu permainan antar tim yang dapat merekatkan antara panitia dan juga siswa yang ada di SD. Selain permainan outbond kegiatan yang tidak kalah menarik yaitu kreativitas siswa dengan memanfaatkan sampah plastik dan juga barang bekas yang tidak terpakai. Beberapa panita GAME memberikan contoh kreativitas dan membuat lansung kreativitas didepan siswa SD, sehingga siswa-siswa dapat membuat suatu kreativitas.

Beberapa contoh kreativitas hasil dari siswa-siswa SD yaitu vas bunga dari koran, dan bunga dari kresek , dan hasil dari kreativitas ditampilkan di ruangan kelas masing-masing. Arifatul Rosyida Yuri, sapaan akrab Ocik  ketua pelaksana GAME Season 4 saat ditemui UNAIR NEWS menjelaskan apa itu kegiatan GAME serta tujuan nya apa dan bagaimana pelaksanaan GAME season 4 di SDN Gombeng sari.

“GAME atau Gerakan Airlangga Mengajar merupakan suatu kegiatan mengajar dengan sasaran siswa SD yang ada di Gombengsari, dan bahan pelajaran yang kita berikan adalah materi dasar agar sasaran kita mudah mengerti, seperti materi makanan sehat dan bahasa inggris dasar untuk SD,” jelas Ocik.

Tujuan dari adanya GAME, tambahnya, yaitu untuk menambah pengetahuan dasar SD yang mungkin tidak didapatkan di sekolah, dan juga untuk meningkatkan kreativitas, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Alhamdulillah kegiatan GAME di 2 sekolah berjalan dengan lancar, dan dari pihak sekolah juga sangat baik dalam menyambut kita serta siswa-siswa yang ada di SD sangat antusias dan sangat aktif pada saat kita berikan materi dan kreativitas,” pungkas Ocik

Penulis: Desi Natalia

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu