Education USA Tandai Kolaborasi Terbaru UNAIR dengan Konsulat Jenderal Amerika Serikat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sesi foto bersama jajaran pimpinan UNAIR bersama Edu USA. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Dalam rangka meningkatkan kolaborasi dan koneksi internasional dengan Amerika Serikat, Universitas Airlangga kembali mempererat hubungan dalam aspek pendidikan melalui pembukaan Education USA yang diinisiasi oleh UNAIR dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat. Education USA sendiri akan menjadi sarana informasi dan konsultasi yang terbuka bagi semua pihak untuk lebih mengenal seluk-beluk perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Perlu diketahui, UNAIR menjadi rujukan pertama pembukaan Education USA di mana sebelumnya program ini hanya ada di Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya. Program ini secara keseluruhan akan bertempat di American Corner Perpustakaan Kampus B UNAIR. American Corner sendiri adalah ruang baca dan belajar yang didirikan atas kerja sama UNAIR dan Amerika Serikat yang telah berdiri sejak 15 tahun yang lalu.

“Dalam program ini, US Embassy akan bekerja sama langsung dengan staf perpustakaan UNAIR untuk menyajikan data-data dan informasi terlengkap dan terkini mengenai pendidikan dan perguruan tinggi di Amerika melalui education advisor. MoU yang sudah diteken sendiri menjadi bentuk pengembangan lebih lanjut dari kolaborasi UNAIR dengan Konsulat Jenderal Amerika Serikat,” Tutur Dian Ekowati selaku perwakilan dari Airlangga Global Engagement.

Pada pembukaan sekaligus penandatanganan MoU pada Jumat (8/11/19), Mark McGovern selaku Konsul Jenderal Amerika Serikat menyampaikan beberapa signifikansi mengenai pentingnya pembukaan Education USA tersebut.

“USA telah lama menjalin kerja sama dengan UNAIR sebagaimana yang kita tahu melalui American Corner ini. Tapi kemudian kami melihat bahwa ada enam ribu mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di USA, angkanya pun selalu bertambah. Untuk itu kami harapkan pembukaan Education USA mampu membantu mahasiswa untuk merencanakan kuliah ke Amerika secara lebih mudah, murah, dan cepat,” jelasnya.

Sementara itu Prof. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD., K-GH., FINASIM selaku Wakil Rektor UNAIR menimpali bahwa networking dan fasilitas yang sudah dibangun UNAIR dalam kerja sama tersebut harus mampu dimanfaatkan oleh mahasiswa dengan maksimal.

“Era disrupsi sudah ada di depan mata dan UNAIR menyadari itu. Maka dari itu gunakan American Corner dan Education USA sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi, publikasi, teamwork, hingga peningkatan global networking lewat pertukaran budaya dan pelajar,” ujarnya. 

Melalui acara yang digelar di American Corner Perpustakaan Kampus B tersebut, diharapkan UNAIR mampu mendorong baik mahasiswanya maupun pelajar di seluruh Surabaya dan Jawa Timur untuk menciptakan global academic standart melalui kerja sama yang dijembatani oleh UNAIR dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat tersebut.(*)

Penulis: Intang Arifia

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu