Ciptakan Generasi Unggul Melalui 1.000 Hari Pertama Kehidupan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TALKSHOW kesehatan dalam acara Periode Emas 1000 Hari Pertama Kehidupan di Gedung Airlangga Convention Center. (Foto: Fitri)
TALKSHOW kesehatan dalam acara Periode Emas 1000 Hari Pertama Kehidupan di Gedung Airlangga Convention Center. (Foto: Fitri)

UNAIR NEWS – Untuk menciptakan generasi unggul dibutuhkan persiapan yang tidak sebentar. Sebagai bentuk kontribusi mewujudkan terciptanya generasi unggul, Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan acara bertajuk “Periode Emas 1000 Hari Pertama Kehidupan Bersama Catin-Bumil-Balita”.

“Ini merupakan bagian dari kontribusi UNAIR untuk bangsa. Peradaban bangsa ditentukan sejak dari keluarga. Calon pengantin, ibu hamil, dan balita ini menjadi penentu. Jadi, kita harus memberikan perhatian lebih untuk memuliakan proses 1000 hari pertama kehidupan ini,” tutur Prof. Moh. Nasih dalam sambutannya pada pembukaan acara di Gedung Airlangga Convention Center, Kampus C, Sabtu (2/11/2019).

Acara yang diinisiasi oleh Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) UNAIR itu merupakan rangkaian perayaan menyambut Dies Natalis Ke-65 UNAIR. Berbagai kegiatan digelar untuk calon pengantin, ibu hamil, dan balita. Mulai talkshow, lomba mewarnai, yoga, hingga berbagai layanan kesehatan.

“Acara LPPM kali ini di bidang kesehatan, khususnya untuk memanjakan ibu hamil, balita, dan calon pengantin. Hari ini ada berbagai layanan kesehatan, ada acara yoga relaksasi dan refleksi untuk ibu hamil juga,” kata Eko Supeno selaku ketua LPPM UNAIR.

Dalam talkshow tersebut para ibu hamil dan calon pengantin diberi edukasi terkait pentingnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Sesi pertama talkshow diisi oleh Dr. Sri Sumarmi dari FKM UNAIR, Dr. Mahendra, dan Dr. Khanisyah Erza Gumilar yang menyampaikan pentingnya persiapan sebelum menikah dan 1.000 HPK untuk mencegah stunting. 

“Pada 1.000 HPK penting karena ketika hamil terjadi pertumbuhan janin dalam kandungan dan itu butuh asupan gizi yang cukup. Fase dalam rahim itu menentukan perkembangan bayi nantinya,” terang Dr. Khanisyah Erza.

Berikutnya, di sesi kedua talkshow disampaikan terkait kesehatan gigi anak, gizi ikan untuk ibu hamil, serta obat dan jamu selama kehamilan. Untuk layanan kesehatan terdapat pemeriksaan kesehatan anak, pemerikasaan gigi, dan tumbuh kembang anak, serta konsultasi masalah kehamilan, gizi dan stunting, juga konsultasi psikologis.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut juga dilakukan serah terima bantuan suplemen mikronutrien dari UNAIR kepada Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Barito Kuala, dan Rumah Sakit Terapung. Kemudian penandatangan MoU antara UNAIR dengan Kabupaten Sampang dan Jember terkait bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. (*)

Penulis: Lailatul Fitriani

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu